Pelabuhan Merak Bakauheni Jadi Pilot Project Penyediaan Tempat Promosi dan Pengembangan UMKM

- Jumat, 17 September 2021 | 17:48 WIB
PT ASDP Indonesi Ferry telah menyediakan lebih dari  30 persen lahan untuk tempat promosi UMKM  di Pelabuhan Merak-Bakauheni.  (Dok. Kementerian Koperasi dan UKM)
PT ASDP Indonesi Ferry telah menyediakan lebih dari 30 persen lahan untuk tempat promosi UMKM di Pelabuhan Merak-Bakauheni. (Dok. Kementerian Koperasi dan UKM)

HALLO INDONESIA - PT ASDP Indonesi Ferry telah menyediakan lebih dari 30 persen lahan untuk tempat promosi usaha mikro dan kecil di Pelabuhan Merak-Bakauheni, sebagai
implementasi dari mandat Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2021 tentang Kemudahan, Pelindungan dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah,.

“PT ASDP Indonesia Ferry sebagai pengelola Pelabuhan Merak, menjadi salah satu usulan pilot project dalam implementasi mandat PP 7 Tahun 2021 khususnya penyediaan tempat promosi dan pengembangan usaha mikro dan usaha kecil,” kata Deputi Usaha Kecil Kementerian Koperasi dan UKM Hanung Harimba, dikutip Hallo.id dari laman resmi Kementeri Koperasi dan UKM.

Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2021 dalam Pasal 60 mengamanatkan bahwa Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah, BUMN, BUMD dan/atau Badan Usaha Swasta wajib melakukan penyediaan tempat promosi dan pengembangan usaha mikro dan usaha kecil paling sedikit 30 persen total luas lahan area komersial, luas tempat perbelanjaan, dan/atau tempat promosi yang strategis pada infrastruktur publik meliputi terminal, bandar udara, pelabuhan, stasiun kereta api, tempat istirahat dan pelayanan jalan tol.

Baca Juga: Insentif PPnBM Kendaraan Bermotor Diperpanjang, Wamenkeu: Silakan Nikmati Sampai Akhir 2021

Hanung mengatakan PP No. 7 Tahun 2021 bertujuan untuk membuat koperasi dan UMKM semakin berdaya saing, terlebih lagi 99 persen UMKM adalah usaha mikro.

Sektor usaha ini harus didorong untuk naik kelas sehingga porsi usaha kecil dan menengah menjadi lebih besar.

KemenkopUKM dan PT ASDP Indonesia Ferry sepakat untuk melakukan kolaborasi untuk membantu memberikan informasi jasa dan produk yang dibutuhkan, membantu kurasi produk UMKM, membantu display produk UMKM unggulan.

Baca Juga: Korupsi Pembangunan Stadion Mandala Krida, KPK Periksa Direktur Utama PT Arsigraphi

“Kerjasama dengan ASDP sangat strategis. Mereka memiliki ratusan pelabuhan yang bisa dijadikan sebagai ruang promosi UMKM. Di Pelabuhan Merak saja, setiap hari ada lalu lintas 26.000 orang," kata Hanung.

Halaman:

Editor: Setiawan Adiwijaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X