Menkeu Beberkan ke Bank Dunia Upaya Indonesia Dukung Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan

- Jumat, 14 Januari 2022 | 10:59 WIB
Menkeu Sri Mulyani menjelaskan kepada Bank Dunia berbagai upaya yang telah dilakukan Indonesia dalam mendukung kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan. (Dok. Kemenkeu.go.id)
Menkeu Sri Mulyani menjelaskan kepada Bank Dunia berbagai upaya yang telah dilakukan Indonesia dalam mendukung kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan. (Dok. Kemenkeu.go.id)

HALLO INDONESIA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menjelaskan kepada Bank Dunia berbagai upaya yang telah dilakukan Indonesia dalam mendukung kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan.

Menurutnya, Indonesia mengadopsi kesetaraan gender ini dalam tujuan pembangunan jangka panjang.

"Penganggaran berbasis gender juga telah dipromosikan di Indonesia,” ujar Sri Mulyani dikutip Hallo.id dari laman resmi Kemenkeu.

Baca Juga: Kemenkeu: Pembentukan Badan BLU untuk Pungutan Batubara Tidak Ganggu Anggaran Negara

Sebagai Presidensi G20, upaya mendukung kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan juga dilakukan dalam diskusi para pemimpin dunia pada Finance Track dan Sherpa Track.

Di sisi lain, Indonesia juga mempromosikan Women-20 (W20), engagement group G20 yang membentuk jaringan pemberdayaan perempuan untuk mendorong adopsi komitmen G20 dalam isu perempuan.

W20 fokus pada empat isu prioritas, yakni diskriminasi dan kesetaraan perempuan, inklusi ekonomi untuk pemberdayaan perempuan, peningkatan perempuan pedesaan dan penyandang disabilitas, serta peningkatan pelayanan kesehatan ibu dan anak.

Baca Juga: Hari Kedua di NTB, Jokowi Resmikan Bendungan Bintang Bano di Sumbawa Barat

“Sebagai menteri keuangan, saya terus mempromosikan ini. Pada saat yang sama, kami juga menunjukkan kepemimpinan sehingga kita akan dapat terus membuat kemajuan yang nyata,” kata Sri Mulyani.

Halaman:

Editor: Setiawan Adiwijaya

Sumber: kemenkeu.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X