Kinerja Kapal Tol Laut, Menhub Instruksikan Percepat Waktu Sandar dan Optimalisasi Layanan Digital

- Jumat, 14 Januari 2022 | 17:39 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi saat meninjau dua pelabuhan yang berada di Nusa Tenggara Timur  (NTT) untuk  melihat kinerja kapal tol laut. (Dok. Kemenhub.go.id)
Menhub Budi Karya Sumadi saat meninjau dua pelabuhan yang berada di Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk melihat kinerja kapal tol laut. (Dok. Kemenhub.go.id)

HALLO INDONESIA - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi menginstruksikan agar dilakukan percepatan waktu sandar di pelabuhan untuk mengoptimalkan kinerja kapal tol laut.

Hal itu dikatakan Menhub Budi saat meninjau dua pelabuhan di NTT yaitu Pelabuhan Kalabahi di Kabupaten Alor dan Pelabuhan Laurentius di Kabutren Sika pada Jumat, 14 Januari 2022 seperti dikutip Hallo.id dari laman resmi Kemenhub. 

“Kapal tol laut hadir untuk memastikan distribusi logistik dapat menjangkau daerah terpencil dan terluar seperti Alor, Maumere, dan daerah lainnya secara berkelanjutan,” kata Menhub.

Baca Juga: Menhub Budi Sumadi Ingin Pramugari Hingga Sopir Mendapat Prioritas Vaksin

Menurutnya, ada sejumlah upaya yang perlu dilakukan untuk mengoptimalkan layanan kapal tol laut.

Yaitu: mempercepat waktu sandar dari satu pelabuhan ke pelabuhan lainnya dan mengoptimalkan pemanfaatan layanan digital kapal tol laut kerja sama Kemenhub dengan BRI.

Budi mengatakan keberadaan kapal tol laut sudah menjadi kebutuhan masyarakat NTT.

Baca Juga: Polda Metro Jaya Kembali akan Pemperketat Pengawasan Kerumunan Masyarakat

"Dengan mempercepat waktu, pergerakan kapal akan lebih cepat, biaya lebih efisien, dan mencegah keterlambatan kedatangan kapal. Yang tadinya satu trayek bisa 14-20 hari, bisa dipangkas menjadi 10 hari,” kata Menhub.

Halaman:

Editor: Setiawan Adiwijaya

Sumber: kemenhub.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X