Menteri Sandiaga Ajak Desa Wista Maksimalkan Inovasi Produk Wisata

- Sabtu, 15 Januari 2022 | 11:15 WIB
Menparekraf, Sandiaga Uno menjelaskan diperlukan kolaborasi yang harus dilakukan semua pihak untuk menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya, dengan terus mendorong kolaborasi pentahelix dalam pengembangan wisata. (Dok.  Kemanparekraf.go.id)
Menparekraf, Sandiaga Uno menjelaskan diperlukan kolaborasi yang harus dilakukan semua pihak untuk menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya, dengan terus mendorong kolaborasi pentahelix dalam pengembangan wisata. (Dok. Kemanparekraf.go.id)

HALLO INDONESIA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, mengajak komunitas dan pengelola desa wisata untuk terus melakukan inovasi melalui berbagai macam produk wisata.

Inovasi produk wisata tersebut bisa dengan menggabungkan berbagai potensi seperti ecotourism, nature based tourism, atau nature eco wellness adventure yang menjadi paket wisata.

"Semua itu merupakan inovasi produk wisata yang akan berkembang cepat dan menjadi mainstream baru di industri pariwisata," kata Sandiaga dikutip Hallo.id dari laman resmi Kemenparekraf.

Baca Juga: Ada Bantuan untuk Pengusaha Pariwisata, Cek Syarat dan Cara Dapat BPUP dari Kemenparekraf

Dengan begitu daya tarik wisatawan akan meningkat, ekonomi bergerak dengan terbukanya potensi lapangan kerja.

Menurut Sandi, ini sebuah paket kesatuan yang lengkap apabila semuanya disandingkan untuk menangkap pergeseran preferensi wisatawan.

Kemudian ada package innovation seperti hybrid event, staycation, virtual tour, private picnic package, dan lainnya

Baca Juga: Pelaku Penendang Sesajen Tertangkap, Bupati LumajangTegaskan Tidak Akan Ada Lagi Kejadian Serupa
Sandiaga menjelaskan, untuk memaksimalkan potensi sumber daya yang dimiliki, suatu daerah harus mengidentifikasi terlebih dahulu kekuatan yang dimiliki.

Sebagai contoh Kabupaten Magelang yang memaksimalkan potensi tentang 7 gunung, Candi Borobudur, dan beberapa destinasi lain termasuk kulinernya.

Halaman:

Editor: Setiawan Adiwijaya

Sumber: kemenparekraf.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X