Kementerian Keuangan RI Klaim Ekonomi Indonesia Sudah Keluar dari Tekanan Pandemi

- Jumat, 13 Mei 2022 | 19:51 WIB
Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu. (Dok. kemenkeu.go.id)
Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu. (Dok. kemenkeu.go.id)

HALLO INDONESIA - Pandemi COVID 19 yang makin terkendali membuat pemulihan ekonomi Indonesia berlanjut dan mampu tumbuh di 5.01 persen (yoy) pada triwulan I-2022.

Dengan pertumbuhan ini, Indonesia menjadi salah satu negara yang berhasil keluar dari krisis ekonomi akibat pandemi. 

"Kalau dibandingkan kondisi ekonomi di tahun 2019, Indonesia adalah negara yang ekonominya sudah berada di atas kondisi ekonomi pada masa prapandemi. Saat ini ekonomi kita sudah berada di 3 persen di atas rata-rata Produk Domestik Bruto ( PDB ) di tahun 2019."

Baca Juga: DPR RI Minta ICC Buka Penyelidikan Kasus Penembakan Jurnalis Al-Jazeera oleh Israel

"Ini tentunya sangat menggembirakan. Artinya perekonomian kita terus pulih, dan tumbuh makin tinggi, di atas level PDB di tahun 2019," kata Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu dalam Taklimat Media, Jumat 13 Mei 2022.

Pemulihan ekonomi domestik yang terus berlanjut juga terlihat dari indeks industri manufaktur atau Purchasing Manager Index (PMI)  Indonesia yang saat ini berada di level ekspansi.

Meskipun di beberapa negara seperti Tiongkok yang menerapkan kebijakan zero Covid-19, menyebabkan penurunan pada aktivitas industri manufakturnya yang dapat mempengaruhi proses pemulihan ekonomi global. 

Baca Juga: Imbangi Permintaan Energi Primer, Peran Gas Bumi Ditingkatkan pada Saat Transisi Energi

Faktor lainnya yang menjadi tantangan pada pemulihan ekonomi ke depan adalah  konflik Rusia-Ukraina serta laju inflasi tinggi yang membuat banyak negara mengambil kebijakan mengetatkan moneternya.

Halaman:

Editor: Budi Purnomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X