KTT ASEAN – AS Hasilkan 5 Komitmen Kemitraan Strategis Komprehensif, Termasuk Ekonomi

- Rabu, 18 Mei 2022 | 13:19 WIB
KTT ASEAN-AS dihadiri Presiden AS, Joe Biden serta Presiden RI, Joko Widodo, dan pemimpin negara-negara ASEAN. (Dok. Setkab.go.id)
KTT ASEAN-AS dihadiri Presiden AS, Joe Biden serta Presiden RI, Joko Widodo, dan pemimpin negara-negara ASEAN. (Dok. Setkab.go.id)

HALLO INDONESIA - KTT ASEAN–AS atau ASEAN-US Special Summit (AUSS) yang berlangsung 11-13 Mei 2022 lalu di Washington DC, AS, menghasilkan pernyataan politik yang menyatakan kedua pihak, sepakat meningkatan kemitraan, dari “kemitraan strategis” menjadi “kemitraan strategis komprehensif”.

"KTT ASEAN-AS dihadiri Presiden AS, Joe Biden serta Presiden RI, Joko Widodo, dan pemimpin negara-negara ASEAN lainnya".

"Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan, kehadiran Presiden RI pada rangkaian pertemuan KTT ASEAN-AS diharapkan dapat memperkuat kerja sama konkret antara ASEAN dan AS demi berkontribusi bagi perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran kawasan Indo-Pasifik".

Baca Juga: Polda Kaltim dan Pertamina Investigasi Kebakaran di PT Kilang Pertamina Internasional

"Pernyataan yang dirangkum dalam dokumen ASEAN-US Joint Vision Statement itu akan dirumuskan lebih detil pada KTT ASEAN-AS berikutnya yang dijadwalkan pada November 2022 mendatang".

“Sebagai koordinator, Indonesia memimpin proses perundingan vision statement ini".

"KTT berhasil menyepakati secara prinsip peningkatan kemitraan ASEAN-AS -dari kemitraan strategis menjadi kemitraan strategis komprehensif,” kata Menteri Retno, dalam keterangan pers, Jumat, 13 Mei 2022 lalu".

Baca Juga: Kementerian Perdagangan Luncurkan Program Minyak Goreng Rakyat, Mendag: Agar Penjualan Tepat Sasaran

"Menteri Retno menjelaskan komitmen kedua belah pihak untuk meningkatkan kerja sama di berbagai sektor strategis".

"Setidaknya ada lima sektor dalam penguatan kerja sama ASEAN-AS, yaitu, pertama, penguatan kerja sama pemulihan pandemi dan keamanan kesehatan guna memperkuat resiliensi atau ketahanan kesehatan kawasan melalui program ASEAN-US Health Futures Initiative".

Halaman:

Editor: Banny Rachman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X