Pejabat Kemenkeu Tunjukan Bukti Nyata Perbaikan Struktur Ekonomi, Ekspor dan Impor Tumbuh

- Kamis, 19 Mei 2022 | 15:17 WIB
Kinerja ekspor dan impor Indonesia menunjukkan kondisi yang lebih positif. (Dok. kemenkeu.go.id)
Kinerja ekspor dan impor Indonesia menunjukkan kondisi yang lebih positif. (Dok. kemenkeu.go.id)

HALLO INDONESIA - Kinerja ekspor dan impor Indonesia di bulan April 2022 ini menunjukkan kondisi yang lebih positif dibandingkan bulan dan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Nilai ekspor Indonesia pada April 2022 tercatat sebesar USD27,32 miliar, lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya, serta tumbuh sebesar 47,76 persen (year on year/yoy).

“Ini bukti nyata perbaikan struktur ekonomi yang fundamental."

Baca Juga: KBRI Sampaikan Nota Diplomatik kepada Singapura Terkait soal Ustadz Abdul Somad

"Pemerintah akan terus berupaya agar perbaikan ini berkesinambungan,” ujar Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan RI Febrio Kacaribu dalam rilisnya, Selasa 17 Mei 2022.

Febrio menjelaskan potensi penguatan nilai ekspor masih akan terus tinggi seiring tren positif harga komoditas di pasar global yang diperkirakan masih berlanjut ke depannya.

Hal ini juga terus diimbangi dengan baik oleh pertumbuhan ekspor nonmigas yang konsisten kuat yakni 47,7 persen (yoy) sedangkan ekspor migas tumbuh 48,92 persen (yoy).

Baca Juga: Anak yang Menderita Down Syndrome di Mangga Besar Jakbar Dicabuli Tetangga

“Diharapkan dengan menguatnya ekspor dapat terus menopang surplus neraca perdagangan sehingga terus memberikan dampak positif bagi aktivitas sektor riil."

Halaman:

Editor: Banny Rachman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X