Teten Masduki: Bantuan Pemerintah untuk Jaga Pelaku UMKM Tetap Bertahan

- Rabu, 25 Mei 2022 | 15:43 WIB
 Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki. (Instagram.com/@kemenkopukm)
Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki. (Instagram.com/@kemenkopukm)

HALLO INDONESIA - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki menilai, program bantuan pemerintah menjaga pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tetap bertahan di masa pandemi Covid-19. 

Dijelaskannya, dukungan pemerintah untuk UMKM berlangsung sejak tahun lalu, melalui progam Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Di mana, pada 2020, anggaran disediakan pemerintah untuk mendukung UMKM mencapai Rp123.4 triliun, atau 20 persen dari total anggaran PEN.

Baca Juga: Polda Maluku Ungkap Penyelundupan Bahan Tambang Ilegal Merkuri 3.100 Kilogram

"Program pemerintah terbukti cukup tepat untuk menjaga UMKM bisa bertahan menghadapi dampak covid-19," kata Teten.

Teten Masduki berdialog 'Beranda Nusantara' bertema "Usaha Maju, Kita Mendunia" digelar oleh Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) di Auditorium Yusuf Ronodipuro, RRI Jakarta, Rabu 25 mei 2022.

Di sisi lain, terang Teten, UMKM juga sudah mempunyai kemampuan daya tahan yang luar biasa. Hal itu terbukti sejak krisis 1998 hingga situasi pandemi Covid-19, saat ini. 

Baca Juga: MUI Sulsel Kecam Kedubes Inggris yang Kibarkan Bendera LGBT

"Karena ukuran usaha kecil jadi banting setirnya tuh gampang ya. Jualan makanan siap saji, pengrajin bendera yang enggak ada 17-an Agustusan banting setir bikin masker," tuturnya. 

Halaman:

Editor: Budi Purnomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X