Ini Alasan Politisi PDIP Usul Gudang Milik Pemerintah Dibentuk Sistem Resi Gudang

- Selasa, 21 Juni 2022 | 16:28 WIB
1 Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Aria Bima. (Dok. Dpr.go.id)
1 Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Aria Bima. (Dok. Dpr.go.id)

HALLO INDONESIA - Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Aria Bima mengusulkan sejauh mana peluang kemungkinan gudang-gudang perdagangan milik pemerintah untuk dibentuk dalam satu Sistem Resi Gudang.

Dengan tujuan, melalui Sistem Resi Gudang tersebut kedepannya akan dapat dipergunakan sebagai acuan penghitungan suplai dari berbagai komoditas sehingga kemudian akan muncul demand sekaligus dapat berfungsi sebagai muara pembentukan harga.

Demikian disampaikan Politisi Fraksi PDI-Perjuangan tersebut saat memimpin Rapat Dengar Pendapat Umum Panitia Kerja (Panja) Komoditas Komisi VI DPR RI.

Baca Juga: DPR Pertanyakan Pelaksanaan Kebijakan Makroprudensial Bank Indonesia

DPR bertemu dengan Prof Dr Bustanul Arifin terkait mendapatkan masukan agar Indonesia dapat memiliki Indeks Komoditas Nasional dan Sistem Perdagangan yang Efisien dan Transparan.

Pertemuan digelar di Ruang Rapat Komisi VI, Gedung Nusantara I DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin, 20 Juni 2022.

“Sebagai contoh, petani jagung di Wonogiri kurang lebih 50 hektar bingung darimana harus dapat demand."

Baca Juga: Kemenkeu Klaim Sudah Tempatkan Dana Abadi untuk Pendidikan Sebesar Rp99,11 Triliun

"Bahkan, dari sisi demand tidak ada semacam terminal bahan baku untuk para pengrajin sehingga buyer user mengalami delay pengiriman."

"Maka, saya berpikir bagaimana kalau gudang-gudang itu menjadi gudang-gudang yang lebih produktif dengan Sistem Resi Gudang dan setiap gudang pemerintah BUMN itu dijadikan semacam sistem Sistem Resi Gudang ?" ujar Aria.

Halaman:

Editor: Banny Rachman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X