PLN Targetkan Seluruh Desa Dapat Menikmati Akses Listrik pada 2024

- Selasa, 21 Juni 2022 | 20:41 WIB
Rasio desa berlistrik PLN hingga triwulan I 2022 mencapai 90,78 persen. Ditargetkan seluruh desa di Tanah Air dapat menikmati listrik pada 2024. (Dok. PLN.co.id)
Rasio desa berlistrik PLN hingga triwulan I 2022 mencapai 90,78 persen. Ditargetkan seluruh desa di Tanah Air dapat menikmati listrik pada 2024. (Dok. PLN.co.id)

HALLO INDONESIA - PT PLN (Persero) menargetkan seluruh desa di Indonesia dapat menikmati listrik PLN pada 2024.

Untuk bisa mencapai target tersebut, perseroan memanfaatkan dana Penyertaan Modal Negara (PMN) dari pemerintah dengan persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Target akses listrik untuk seluruh Indonesia ini sesuai dengan cita-cita pemerintah dalam akses energi yang merata dan berkeadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Baca Juga: Proyek Ibu Kota Nusantara Jalan Terus, PLN Tempatkan Satu Stasiun Pengisian Listrik Umum

Direktur Perencanaan Korporat PLN Evy Haryadi mengatakan hingga 2021 rasio desa berlistrik di Indonesia telah mencapai 99,7 persen, atau tersisa 293 desa belum menikmati listrik.

Namun dari angka tersebut, masih ada lebih dari 4.700 desa yang dilistriki secara mandiri dan belum menikmati listrik PLN.

Desa-desa ini mayoritas berada di wilayah di wilayah terluar, terdepan dan tertinggal (3T) yang sulit dijangkau.

Baca Juga: Kapolri Rotasi Sejumlah Pejabat Tinggi, Termasuk Kapolda Papua Barat, Gorontalo, dan Lampung

“Ini sesuai dengan prinsip sila ke-5 Pancasila kita. Di mana keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Dalam hal ini kami harus memberikan akses listrik yang merata bagi seluruh masyarakat Indonesia,” ujar Evy.

Halaman:

Editor: Setiawan Adiwijaya

Sumber: PLN

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X