BPN dan Kemendag Umumkan Harga Resmi Gula Kristal Putih di Tingkat Petani

- Kamis, 23 Juni 2022 | 17:04 WIB
Harga Resmi Gula Kristal Putih dari Pemerintah di Tingkat Petani. (Pexels.com/Mikhail Nilov)
Harga Resmi Gula Kristal Putih dari Pemerintah di Tingkat Petani. (Pexels.com/Mikhail Nilov)

HALLO INDONESIA - Badan Pangan Nasional (BPN) dan Kementerian Perdagangan (Kemendag) menetapkan harga minimal untuk pembelian Gula Kristal Putih (GKP) di tingkat petani sebesar Rp 11.500 per kilogram (kg).

"Penyesuaian harga ini untuk kesejahteraan petani tebu."

"Saya menegaskan seluruh pabrik gula, baik yang dikelola BUMN pangan, BUMN perkebunan maupun swasta (untuk) memberikan harga lelang minimum Rp11.500 per kg," terang Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi dalam siaran persnya, Kamis 23 Juni 2022.

Baca Juga: Polisi Amankan Pria di Tangerang, Bawa Kabur Motor Kenalan Wanitanya

Adapun regulasi itu tercantum dalam surat edaran bersama Kepala Badan Pangan Nasional dan Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Nomor 65.1/PANGAN/06/2022 dan Nomor 17 Tahun 2022 tertanggal 10 Juni 2022.

Arif melanjutkan, kolaborasi antar pihak penting dilakukan dalam perbaikan tata kelola pangan untuk pemenuhan kebutuhan dalam negeri maupun peningkatan produksi pangan

"Pada Sidang Kabinet Paripurna kemarin bahwa diperlukan sebuah orkestrasi yang baik antara kementerian/lembaga, BUMN, swasta, dan daerah untuk pemenuhan kebutuhan dalam negeri maupun peningkatan produksi pangan untuk potensi ekspor pangan Indonesia," tuturnya panjang lebar.

Baca Juga: Waspada, Presiden Jokowi Sebut Ada Ancaman Krisis Ekonomi dan Politik Global

Berdasarkan amanat Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mendorong percepatan swasembada gula.

Halaman:

Editor: Budi Purnomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X