Badan Anggaran DPR RI Ingatkan Adanya Ancaman Nyata akan Terjadinya Krisis Pangan

- Selasa, 28 Juni 2022 | 10:24 WIB
Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPR RI Hermanto. (Dok. Dpr.go.id)
Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPR RI Hermanto. (Dok. Dpr.go.id)

HALLO INDONESIA - Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPR RI Hermanto mengingatkan ancaman nyata akan terjadinya krisis pangan.

Hal itu sebagaimana disampaikan Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu, sehingga antisipasi terhadap hal tersebut harus tercermin dalam merancang anggaran, khususnya di Tahun Anggaran 2023.

“Saya pikir DPR dan menteri juga harus bertanggung jawab. Jadi, saya melihat dalam anggaran ini ada hal-hal yang berkaitan dengan mencegah krisis pangan ini perlu diintegrasikan sebaik mungkin,” ujar Hermanto dalam Rapat Banggar DPR RI bersama Pemerintah dan Bank Indonesia, di Ruang Rapat Banggar DPR RI, Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Senin 27 Juni 2022.

Baca Juga: Banyak Kejutan di AFF Cup 2022, Kekalahan Bali United Jadi Topik Pembicaraan

Ia menegaskan implementasi kebijakan dalam mencegah terjadinya krisis tersebut harus dilakukan secara serius. Hal itu terjadi karena, pertama, adanya perubahan iklim yang tidak bisa dikendalikan.

Kedua, terjadinya alih fungsi lahan. Ketiga, soal pembangunan infrastruktur irigasi yang perlu didukung sekuat mungkin.

“Juga termasuk produk pangan impor ini perlu kita kendalikan. Sehingga kita betul-betul mewujudkan kedaulatan pangan,” tutup Anggota Fraksi PKS DPR RI ini.

Baca Juga: Industri Penerbangan Harus Pulih Dulu agar Dukung Keberlanjutan Pemulihan Ekonomi Nasional

Diketahui, Presiden Jokowi sebelumnya menjelaskan ancaman Krisis pangan yang disebabkan perang antara Rusia dan Ukraina menjadi tantangan tersendiri bagi sejumlah negara tak terkecuali Indonesia.

Halaman:

Editor: Banny Rachman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X