Kementerian Pertanian Pastikan Stok Hewan Kurban Sehat Masih Aman dari PMK

- Kamis, 30 Juni 2022 | 01:36 WIB
Hewan Qurban (Instagram.com@hewanqurbanhboediono)
Hewan Qurban (Instagram.com@hewanqurbanhboediono)

HALLO INDONESIA - Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak Kementerian Pertanian (Kementan), Agung Suganda, mengatakan meski dilanda wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) di Indonesia, Kementan memastikan ketersediaan hewan qurban sehat untuk Iduladha 1443 hijriah atau 2022 masehi dipastikan masih aman

Agung memaparkan, jumlah kebutuhan hewan kurban tahun ini diprediksi akan mencapai 1.808.522 ekor, sementara ketersediaannya masih berada di angka 2.278.158 ekor, artinya masih terjadi surplus 469.638 ekor, sehingga masih aman untuk masyarakat yang ingin berkurban.

"Tapi masih ada beberapa provinsi yang masih mengalami defisit terkait hewan kurban, antara lain, DKI Jakarta, Jambi, Babel, DIY, Kaltara dan Kaltim, tapi seiring dekatnya dengan Iduladha itu pergerakan hewan terus berjalan dan kami sudah punya rekayasa jalur distribusi untuk mensuplai kebutuhan di daerah yang defisit," kata Agung dalam diskusi FMB9, Rabu 29 Juni 2022.

Baca Juga: BNPB Dorong Pemerintah Daerah Tingkatkan Kewaspadaaan Penyebaran PMK di Banten

Baca Juga: Kementan Sebut dalam Dua Hari, Vaksinasi PMK Tembus 58 Ribu Dosis

Agung menyarankan untuk masyarakat di daerah dengan ketersediaan hewan kurban yang terbatas, bisa melakukan kurban Iduladha secara online melalui penyelenggara kurban yang resmi.

"Untuk daerah yang masih defisit ini bisa melakukan kurban secara online, kami tetap mengupayakan pemenuhan ketersediaan hewan kurban sesuai dengan kebutuhan, InsyaAllah secara nasional yakin ketersediaan hewan kurban kita masih tercukupi bahkan surplus," jelas Agung.

Sementara itu, berdasarkan data Kementan, jumlah hewan ternak yang terkonfirmasi positif penyakit mulut dan kuku atau PKM di Indonesia mencapai 283.606 ekor.

Baca Juga: Pertama Digelar! 34 Musisi Bakal Unjuk Gigi Di Prost Fest 2022 Bali

Halaman:

Editor: Timothy Alden

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X