Bank Tanah Akomodir Semua Pihak Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat

- Kamis, 30 Juni 2022 | 01:57 WIB
 Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto, (Instagram.com@kementerian.atrbpn)
Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto, (Instagram.com@kementerian.atrbpn)

HALLO INDONESIA - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto, berharap agar berlakunya regulasi terkait Bank Tanah dapat mengakomodir semua kepentingan.

Ia juga menekankan, dengan terbitnya regulasi terkait Bank Tanah tidak menyebabkan tumpang tindih pada pelaksanaannya di lapangan.

"Contohnya adalah ketika kita menangani tanah terlantar, Bank Tanah itu dapat menjadi pintu masuk untuk tenor waktu penggunaan tanah," ujar Hadi Tjahjanto saat memimpin Rapat Pimpinan yang berlangsung secara luring di Ruang Rapat Menteri ATR/Kepala BPN, Kantor Kementerian ATR/BPN, Jakarta, dalam siaran resminya, Rabu 29 Juni 2022.

Baca Juga: 3 Rumah Warga Rusak Berat di Kabupaten Sukabumi, Akibat Diterjang Tanah Longsor

Baca Juga: Banjir Bandang dan Tanah Longsor Telan Satu Korban Jiwa di Desa Cibunian Kabupaten Bogor

Adapun pembahasan dari rapat kali ini, di antaranya membahas terkait landasan hukum dan model bisnis Badan Bank Tanah yang dipaparkan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian ATR/BPN, Himawan Arief Sugoto; proyeksi perolehan tanah untuk Badan Bank Tanah yang dipaparkan oleh Direktur Jenderal Pengadaan Tanah dan Pengembangan Pertanahan, Embun Sari; serta laporan keuangan semester I 2022, rencana kerja anggaran 2022 dan penambahan modal negara Badan Bank Tanah yang disampaikan oleh Kepala Badan Pelaksana Badan Bank Tanah, Parman Nataatmadja.

Bank Tanah juga bertujuan untuk merealisasikan harapan Presiden Joko Widodo dalam menghadapi krisis pangan. Ia melihat tanah telantar yang ada di beberapa wilayah dapat mengakomodir kebutuhan buruh tani yang sudah memanfaatkan tanah tersebut, tentu dengan komitmen yang akan diatur kemudian hari.

Baca Juga: 5 Rumah Warga di Kota Ambon Diterjang Tanah Longsor, Banjir Landa 4 Kecamatan

Baca Juga: 600 Jiwa Terdampak Tanah Longsor di Kabupaten Sukabumi, Tim Gabungan Tutup Akses Jalan

Halaman:

Editor: Timothy Alden

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X