OJK: Tingkat Literasi dan Inklusi Masyarakat Keuangan Masih Rendah

- Senin, 4 Juli 2022 | 11:52 WIB
Gedung Otoritas Jasa Keuangan ( OJK ). OJK terus mendorong litreasi dan inklusi keuangan, khususnya investasi di pasar modal yang masih relatif rendah.  (Dok. OJK.go.id)
Gedung Otoritas Jasa Keuangan ( OJK ). OJK terus mendorong litreasi dan inklusi keuangan, khususnya investasi di pasar modal yang masih relatif rendah. (Dok. OJK.go.id)

HALLO INDONESIA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus mendorong peningkatan literasi dan inklusi Keuangan, khususnya terkait investasi di sektor pasar modal yang masih relatif rendah dibandingkan industri lain di sektor jasa keuangan.

Survei indeks literasi dan inklusi keuangan nasional tahun 2019 menunjukkan indeks literasi Pasar Modal sebesar 4.92 persen, sementara indeks inklusi keuangan tercatat 1.55 persen.

Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan 2 dan Manajemen Strategis OJK Regional 2 Jawa Barat Aulia Fadly mengapresiasi dengan diresmikannya Investor & Trader Community Center Dago Bandung.

Baca Juga: Giatkan Literasi Finansial, Polri Gandeng OJK untuk Cegah Jebakan Investasi Bodong

Sehingga menurutnya, dapat memberikan layanan yang lebih maksimal kepada nasabah dan masyarakat tentang produk investasi Pasar.

“Atas nama OJK, saya menyampaikan apresiasi kepada PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia yang memperluas jangkauan nasabah dengan membuka kantor cabang baru di Bandung sehingga dapat memberikan layanan yang lebih maksimal kepada nasabah dan masyarakat tentang produk investasi pasar,” ucap Aulia.

Ditambahkan,  maraknya penawaran-penawaran investasi illegal dengan basis teknologi, robot trading, dan skema-skema investasi dengan janji-janji imbal hasil pasti tanpa risiko, menjadi tantangan yang berkelanjutan bagi OJK.

Baca Juga: Tidak Lolos Proses Imigrasi, Sebanyak 46 WNI Tertahan di Imigrasi Saudi di Jeddah

“Berinvestasi itu adalah salah satu jalan untuk mempekerjakan asset kita, sebagaimana yang pernah disampaikan Ibu Sri Mulyani pada tahun 2016," ucapnya.

Halaman:

Editor: Setiawan Adiwijaya

Sumber: jabarprov.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X