Lembaga Pemeringkat Rating and Investment Information Beri Peringkat Indonesia BBB+

- Rabu, 6 Juli 2022 | 10:34 WIB
Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo. (Dok. Bi.go.id)
Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo. (Dok. Bi.go.id)

HALLO INDONESIA - Lembaga Pemeringkat Rating and Investment Information, Inc. (R&I) kembali mempertahankan Sovereign Credit Rating Republik Indonesia pada BBB+ (Investment Grade) dengan outlook stabil pada 4 Juli 2022.

Keputusan itu mempertimbangkan terjaganya stabilitas eksternal Indonesia yang didukung oleh momentum pemulihan ekonomi yang terus berlanjut dan perbaikan postur fiskal.

R&I melihat kebijakan moneter masih memiliki ruang di tengah inflasi yang meningkat secara gradual, dan perbaikan fiskal didukung kenaikan harga komoditas.​

Baca Juga: Tak Punya Kesempatan Kerja di Dalam Negeri, Pemerintah Harus Lindungi Pekerja Migran

Menanggapi keputusan R&I tersebut, Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, menyatakan afirmasi rating Indonesia pada peringkat BBB+ dengan outlook stabil menunjukkan bahwa di tengah ketidakpastian ekonomi global yang masih tinggi.

Peningkatan risiko stagflasi seiring kenaikan suku bunga kebijakan secara global di tengah ekonomi yang baru pulih, serta makin luasnya kebijakan proteksionisme oleh berbagai negara.

Pemangku kepentingan internasional tetap memiliki keyakinan yang kuat atas terjaganya stabilitas makroekonomi dan prospek ekonomi jangka menengah Indonesia.

Baca Juga: Polda Banten Gelar Operasi Patuh Nusa II Maung, Cegah Penyebaran PMK Hewan Ternak

Hal itu didukung oleh kredibilitas kebijakan yang tinggi serta sinergi bauran kebijakan yang kuat antara Bank Indonesia dan Pemerintah.

Halaman:

Editor: Budi Purnomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X