Desa Energi Berdikari Cilacap di Pertamina RU IV, Hadirkan Green Energy Bertenaga Surya dan Angin

- Rabu, 6 Juli 2022 | 16:17 WIB
Desa Energi Berdikari Cilacap merupakan bagian dari Program Pengembangan EBT (Energi Baru Terbarukan) dalam kerangka ESG (Environmental, Social & Governance). (Dok. Pertamina.com)
Desa Energi Berdikari Cilacap merupakan bagian dari Program Pengembangan EBT (Energi Baru Terbarukan) dalam kerangka ESG (Environmental, Social & Governance). (Dok. Pertamina.com)

HALLO INDONESIA - Desa Energi Berdikari Cilacap merupakan bagian dari Program Pengembangan EBT (Energi Baru Terbarukan) dalam kerangka ESG (Environmental, Social & Governance).

Program berbasis CID (Community Involvement Development) yang dijalankan Pertamina RU IV Cilacap ini merupakan komitmen Pertamina mengakselerasi transisi energi hijau (green energy) di Indonesia.

Desa Energi Berdikari Cilacap bertujuan meningkatkan akses masyarakat di desa terpencil dan terisolasi terhadap energi yang ramah lingkungan, terjangkau dan berkelanjutan.

Baca Juga: DDF LNG Subholding Gas Pertamina Potensial Sumbang 37% Efisiensi Energi Pada Kereta Pembangkit KAI

Program ini juga sekaligus untuk meningkatkan ekonomi masyarakat sehingga lebih sejahtera.

Pengembangan Desa Energi Berdikari Cilacap memanfaatkan sumber energi surya dan angin yang tersedia sepanjang tahun di desa Ujung Alang, Cilacap.

Dengan teknologi hybrid energy pole (HEOP), kedua sumber energi ini diolah menjadi listrik yang bisa menerangi rumah penduduk, sekolah dan berbagai aktivitas ekonomi warga.

Baca Juga: Vaksin Merah Putih Masih Harus Lakukan Uji Pra Klinik, Ditargetkan Akhir Juli 2022

Desa Ujung Alang, Cilacap merupakan desa terisolasi, di mana 80 persen penduduknya bekerja sebagai nelayan musiman dan buruh tambak.

Halaman:

Editor: Setiawan Adiwijaya

Sumber: Pertamina.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X