Sebanyak 320.016 Ekor Hewan Ternak Terjangkit Wabah PMK, Berdasarkan Data Kementan

- Rabu, 6 Juli 2022 | 17:01 WIB
Hewan Ternak. (Pexels.com/Mark Stebnicki)
Hewan Ternak. (Pexels.com/Mark Stebnicki)

HALLO INDONESIA - Kementerian Pertanian (Kementan) melaporkan, kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) terhadap hewan ternak bertambah.

Sekarang, virus PMK menjangkiti 21 provinsi dan 232 kabupaten/kota ketimbang beberapa hari sebelumnya yang masih terjadi di 19 provinsi.

"Perkembangan kasus PMK di Tanah Air saat ini sudah ada di 21 provinsi kemudian di 232 kabupaten/kota dan jumlah yang tertular sampai hari ini adalah 320.016 ekor hewan," terang Sekretaris Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian Makmun dalam keterangannya, di Jakarta, Selasa 6 Juli 2022

Baca Juga: 3 Remaja di Pondok Gede Diamankan Polisi, Gara-gara Janjian di Medsos akan Tawuran

Adapun sebanyak 108.266 ekor hewan sudah sembuh, 2.820 ekor dipotong bersyarat, dan hewan yang mati sebanyak 2.029 ekor.

Sedangkan, hewan ternak yang sudah divaksinasi PMK sebanyak 337.976 ekor.

Sementara itu, Kepala Pusat Karantina Hewan Kementan Wisnu Wasisa Putra menyebutkan terdapat tiga pulau di Indonesia yang termasuk dalam zona merah, antara lain, Pulau Jawa, Pulau Sumatera, dan Pulau Lombok.

Baca Juga: Ibu-ibu Simpatisan HRS Geruduk Rumah Warga Depok Bernama Eni Rahaeni, Ini Motifnya

Lalu, ketiga pulau tersebut dikategorikan sebagai zona merah disebabkan 70 persen wilayahnya sudah terdapat wabah PMK yang menjangkiti hewan ternak.

Halaman:

Editor: Budi Purnomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X