Pakaian Bekas Impor Senilai Rp8,5 Miliar Dimusnahkan Kementerian Perdagangan

- Sabtu, 13 Agustus 2022 | 10:40 WIB
Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan. (Dok. Kementerian Perdagangan. )
Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan. (Dok. Kementerian Perdagangan. )

HALLO INDONESIA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) memusnahkan sebanyak 750 bal pakaian bekas yang diduga berasal dari impor senilai Rp8,5 miliar.

Pemusnahan berlangsung pada Jumat 12 Agustus 2022 di kawasan pergudangan Gracia, Kabupaten Karawang.

"Pemusnahan 750 bal pakaian bekas yang diduga asal impor dengan nilai mencapai Rp8,5 miliar ini merupakan tindak lanjut pengawasan terhadap perdagangan dan impor pakaian bekas yang kami lakukan secara berkelanjutan," ujar Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dalam keterangannya.

Baca Juga: Kapolri Bubarkan Kegiatan Satuan Tugas Khusus Polri, Anggota DPR Beri Tanggapannya

"Ini juga sebagai bentuk respons kami atas semakin maraknya perdagangan pakaian bekas yang diduga asal impor melalui transaksi daring maupun luring," sambungnya.

Pakaian bekas merupakan barang yang dilarang impornya berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 40 Tahun 2022 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 18 Tahun 2021 Tentang Barang Dilarang Ekspor dan Barang Dilarang Impor.

Zulkifli mengegaskan, pemusnahan tersebut menjadi salah satu bentuk komitmen Kementerian Perdagangan dalam proses pengawasan dan penegakan hukum terkait dengan pelanggaran di bidang perdagangan dan perlindungan konsumen.

Baca Juga: Kondisi Istri Ferdy Sambo Dinilai Masih Belum Siap, Komnas HAM Batal Periksa

Dari hasil pengujian yang dilakukan di Balai Pengujian Mutu Barang, sampel pakaian bekas yang diamankan terbukti mengandung jamur kapang, yang dapat menimbulkan berbagai dampak buruk bagi kesehatan.

Halaman:

Editor: Banny Rachman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Siaran TV Analog di Jabodetabek Distop 5 Oktober 2022

Jumat, 23 September 2022 | 18:36 WIB
X