Presiden Jokowi Tegaskan Komitmen Jamin Ketercukupan Pangan Nasional

- Minggu, 14 Agustus 2022 | 20:06 WIB
Presiden Jokowi menegaskan komitmen pemerintah  untuk meningkatkan ketahanan pangan nasional menghadapi ancaman krisis pangan global. (Dok. Setkab.go.id)
Presiden Jokowi menegaskan komitmen pemerintah untuk meningkatkan ketahanan pangan nasional menghadapi ancaman krisis pangan global. (Dok. Setkab.go.id)

HALLO INDONESIA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan komitmen Pemerintah Indonesia untuk meningkatkan ketahanan pangan nasional dalam menghadapi ancaman krisis pangan global.

Komitmen tersebut disampaikan Presiden Jokowi usai menerima Penghargaan Sistem Pertanian-Pangan Tangguh dan Swasembada Beras Tahun 2019-2021 melalui Penggunaan Teknologi Inovasi Padi dari Institut Penelitian Padi Internasional (IRRI), di Istana Negara, Jakarta, Minggu (14/08/2022).

“Di tengah ancaman krisis pangan di tingkat global, sekali lagi pemerintah berkomitmen untuk terus meningkatkan produksi, menjamin ketercukupan pangan di dalam negeri, dan sekaligus memberikan kontribusi bagi kecukupan pangan dunia,” ujar Presiden Jokowi.

Baca Juga: Satgas Pangan Polri Bantu Usut Kasus Penguburan Beras Bansos Presiden di Depok

Ditambahkan, pemerintah telah membangun sejumlah infrastruktur di bidang pertanian, mulai dari bendungan, embung, hingga jaringan irigasi guna mendukung peningkatan hasil produksi pertanian nasional.

Selain pembangunan infrastruktur, pemerintah juga memanfaatkan varietas-varietas unggul padi, melakukan intensifikasi dan ekstensifikasi sehingga Indonesia dapat mencapai swasembada beras dengan produksi beras yang surplus selama tiga tahun terakhir.

“Penghitungan oleh BPS (Badan Pusat Statistik), stok kita di lapangan jumlahnya juga di akhir bulan April 2022 tertinggi, yaitu 10,2 juta ton,” ujar Presiden.

Baca Juga: Sempat Kabur ke NTT, Polisi Amankan Pelaku Penggelapan Uang Setoran Perusahaan di Bogor

Jokowi berharap agar para petani tidak hanya memproduksi komoditas pertanian yang dikonsumsi masyarakat, tetapi juga komoditas pertanian yang masuk pasar ekspor.

Halaman:

Editor: Setiawan Adiwijaya

Sumber: Setkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Siaran TV Analog di Jabodetabek Distop 5 Oktober 2022

Jumat, 23 September 2022 | 18:36 WIB
X