Gubernur BI Geleng Kepala, Transaksi e-Commerce Capai Rp186,7 Triliun

- Senin, 26 Juli 2021 | 00:04 WIB
Perry Warjiyo,
Perry Warjiyo,

 

HALLO INDONESIA - Pertumbuhan transaksi e-commerce sepanjang semester I-2021 melonjak 63,4 persen, dengan pencapaian sebesar RpRp186,7 triliun. Angka ini pun membuat Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo terkesan dan berdecak kagum.

"Transaksi ini banyak dilakukan oleh pedagang ritel yang juga merupakan UMKM," kata Perry saat diskusi daring di Jakarta, Minggu (25/7/2021).

Dia memprediksi masa keemasan bisnis e-commerce akan semakain moncer. Bahkan, sepanjang 2021 diperkirakan mampu mendongkrak transaksi sebesar 48,4 persen, dengan pencapaian sebesar Rp395 triliun.

Menurut Perry, pencapaian tersebut memcerminkan bahwa digitalisasi UMKM sangat penting. Hingga kini, lanjut dia, terdapat delapan juta UMKM yang tersambung dalam platform digital. Angka ini ditargetkan naik menjadi 12 juta sampai akhir 2021.

"Untuk tahun depan semoga bisa mencapai 20 juta dan akan terus kita tingkatkan supaya banyak UMKM yang masuk ke dalam platform digital dan tersambung dengan e-commerce," ujar Perry.

Terkait hal yang sama, Perry menambahkan, bahwa sebagian besar e-commerce telah bertransaksi mengunakan uang elektronik. Pada semester I tahun ini, nilai transaksi uang elektronik tumbuh 41 persen, dengan pencapaian Rp132 triliun.

Editor: Pamudji S

Terkini

X