Bappebti Blokir 760 Entitas Domain Perdagangan Berjangka yang Tak Memiliki Izin

- Rabu, 21 September 2022 | 13:42 WIB
Plt Kepala Bappebti Didid Noordiatmoko.  (Dok. Bappebti.go.id)
Plt Kepala Bappebti Didid Noordiatmoko. (Dok. Bappebti.go.id)

HALLO INDONESIA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) yang bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) melakukan pemblokiran terhadap 760 entitas domain di internet.

Ratusan entitas tersebut terdiri dari 682 domain situs web, 48 laman sosial media, 17 aplikasi di Google  Play, 12  aplikasi di Appstore.

Serta satu penghentian kegiatan di bidang  Perdagangan Berjangka  Komoditi (PBK)  yang  tidak memiliki perizinan dari Bappebti selama Januari 2022 hingga Agustus 2022.

Baca Juga: Mendag Zulkifli Hasan Pastikan Tak Ada Penghapusan Kebijakan DMO Minyak Sawit

“Setiap pihak yang melakukan kegiatan perdagangan berjangka di Indonesia wajib memiliki izin dari Bappebti serta tunduk dan patuh terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia."

"Meskipun   mengaku memiliki legalitas dari regulator di luar negeri, perusahaan yang melakukan penawaran di bidang Perdagangan Berjangka di Indonesia tetap diwajibkan memiliki perizinan dari Bappebti,” ujar Plt Kepala Bappebti Didid Noordiatmoko dalam keterangan tertulisnya, Rabu 21 September 2022.

Didid menuturkan, Bappebti rutin melakukan pengamatan dan pengawasan daring terhadap domain situs web dan akun media sosial.

Baca Juga: Timnas Indonesia Jalani Latihan Perdana Jelang laga FIFA Match Day Lawan Curacao

Yang melakukan promosi, iklan, dan penawaran di bidang PBK serta aplikasi entitas yang melakukan kegiatan usaha di bidang PBK tanpa mempunyai izin dari Bappebti.

Halaman:

Editor: Budi Purnomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X