Pertamina NRE Dukung Upaya Transisi Energi PT KAI dalam Turunkan Emisi Karbon

- Selasa, 27 September 2022 | 18:52 WIB
Pertamina NRE mendukung upaya PT KAI dalam menurunkan emisi karbon melalui penyediaan PLTS di Stasiun Gambir. (Dok. Pertamina.com)
Pertamina NRE mendukung upaya PT KAI dalam menurunkan emisi karbon melalui penyediaan PLTS di Stasiun Gambir. (Dok. Pertamina.com)

HALLO INDONESIA - Pertamina NRE mendukung upaya PT Kereta Api Indonesia (KAI) dalam menurunkan emisi karbon melalui penyediaan PLTS di Stasiun Gambir. Peresmian pemanfaatan PLTS tersebut dilakukan KAI pada Senin, 26 September 2022. 

Acara peresmian dilaksanakan di Stasiun gambir dan dihadiri oleh Direktur Keuangan KAI Salusra Wijaya beserta jajaran direksi, serta Direktur Proyek dan Operasi Pertamina NRE Norman Ginting.

Norman menyampaikan bahwa pemanfaatan PLTS di wilayah kerja KAI merupakan tindak lanjut dari penandatanganan nota kesepahaman yang dilakukan Pertamina NRE dengan PT KAI pada tanggal 9 Maret 2022 perihal Pengembangan Energi Baru dan Terbarukan di Aset KAI.

Baca Juga: Lampaui Target, Pertamina NRE Catat Kinerja Positif Tahun 2021

BUMN didorong untuk berperan besar dalam upaya dekarbonisasi. Pemanfaatan energi terbarukan seperti inisiasi KAI ini akan berkontribusi pada penurunan emisi.

"Untuk itu kami sangat antusias dengan kolaborasi ini. Kami sangat menyambut baik peluang kolaborasi-kolaborasi lainnya yang akan mendorong pencapaian target net zero emission,” ujar Norman.

Salusra mengatakan, pemasangan PLTS ini merupakan upaya transisi energi yang dilakukan KAI dengan menggunakan Energi Baru Terbarukan (EBT) untuk suplai energi listrik di berbagai aset KAI.

Baca Juga: Pertamina Klaim Kandungan Gas Semburan Lumpur Indralaya Tak Berbahaya

Menurutnya, implementasi solar panel di stasiun dan kantor KAI ini merupakan bagian dari rangkaian HUT ke-77 KAI yang bertema Bangkit Lebih Cepat, Melayani Lebih Baik.

Halaman:

Editor: Setiawan Adiwijaya

Sumber: Pertamina.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BI Miliki 3 Kunci Hadapi Ketidakpastian Global

Minggu, 4 Desember 2022 | 14:04 WIB

BPS Raih SDGs Action Award 2022

Sabtu, 3 Desember 2022 | 17:27 WIB
X