PT KAI Mulai Transisi Energi ke EBT, Pasang Panel Surya di Stasiun dan Perkantoran

- Selasa, 27 September 2022 | 19:42 WIB
PT KAI meresmikan penggunaan PLTS atau Panel Surya di Stasiun dan  kantor KAI di Stasiun Gambir, dalam transisi energi ke EBT. (Dok. KAI.id)
PT KAI meresmikan penggunaan PLTS atau Panel Surya di Stasiun dan kantor KAI di Stasiun Gambir, dalam transisi energi ke EBT. (Dok. KAI.id)

HALLO INDONESIA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) meresmikan penggunaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) atau Solar Panel di Stasiun dan Kantor KAI di Stasiun Gambir, Senin 26 September 2022.

Saat ini, KAI telah memasang Panel Surya  pada Stasiun Gambir dengan daya 40,5 kWp dan gedung Jakarta Railway Center dengan daya 40 kWp. 
 
Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko KAI Salusra Wijaya mengatakan, pemasangan Panel Surya ini merupakan upaya transisi energi yang dilakukan KAI dengan menggunakan Energi Baru Terbarukan (EBT) untuk suplai energi listrik di berbagai aset KAI.

Baca Juga: Pertamina NRE Dukung Upaya Transisi Energi PT KAI dalam Turunkan Emisi Karbon
 
“Implementasi Solar Panel di stasiun dan kantor KAI ini merupakan bagian dari rangkaian HUT ke-77 KAI yang bertema Bangkit Lebih Cepat, Melayani Lebih Baik," kata Salusra.

Di momen ulang tahunnya ini, KAI ingin turut serta menghijaukan Indonesia melalui Environmental, Social, and Governance (ESG) dalam pemanfaatan EBT untuk terciptanya ekosistem bisnis yang lebih baik dan berkelanjutan.
 
Pada tahap awal, transisi energi ini telah diterapkan pada Stasiun Gambir karena stasiun ini merupakan ikon stasiun di pusat Kota Jakarta.

Baca Juga: Pertamina Klaim Kandungan Gas Semburan Lumpur Indralaya Tak Berbahaya

Stasiun Gambir juga adalah stasiun besar yang memiliki sejarah dan fungsi yang sangat penting untuk melayani pelanggan sampai saat ini.

Adapun Gedung Jakarta Railway Center adalah salah satu gedung perkantoran utama KAI selain Kantor Pusat KAI yang berada di Bandung.
 
Kelistrikan di stasiun tiap harinya digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti pencahayaan, pendingin ruangan, sound system, dan berbagai peralatan elektronik yang digunakan untuk fasilitas penumpang serta kepentingan operasional kereta api lainnya.

Baca Juga: Pertamina Klaim Kandungan Gas Semburan Lumpur Indralaya Tak Berbahaya

Dengan menggunakan solar panel kapasitas 40,5 kWp di Stasiun Gambir, KAI dapat menghemat penggunaan listrik hingga 6,75% dengan asumsi tangkapan energi sinar matahari secara optimal harian selama 4 jam dari pukul 10.00 sampai dengan 14.00.

Halaman:

Editor: Setiawan Adiwijaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BI Miliki 3 Kunci Hadapi Ketidakpastian Global

Minggu, 4 Desember 2022 | 14:04 WIB

BPS Raih SDGs Action Award 2022

Sabtu, 3 Desember 2022 | 17:27 WIB
X