Pertamina Jamin Produk BBM yang dinikmati Masyarakat Pasti Sesuai Spek Lewat 7 Proses Quality Control

- Rabu, 28 September 2022 | 18:41 WIB
Pertamina memiliki tujuh proses quality control sebagai langkah memastikan seluruh produk sesuai spesifikasi dan memenuhi standar. (Dok. Pertamina.com)
Pertamina memiliki tujuh proses quality control sebagai langkah memastikan seluruh produk sesuai spesifikasi dan memenuhi standar. (Dok. Pertamina.com)

HALLO INDONESIA - Bertugas menyalurkan energi kepada masyarakat, Pertamina Patra Niaga, Subholding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) memiliki setidaknya tujuh proses quality control sebagai langkah memastikan seluruh produknya sesuai spesifikasi dan memenuhi standar yang telah ditentukan.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting mengatakan proses quality control ini dimulai sejak produk BBM masuk ke tanki timbun di Fuel Terminal (TBBM) hingga tepat sebelum disalurkan menuju SPBU.

“Proses Quality Control sebuah produk BBM sebelum bisa dinyatakan layak didistribusikan menuju SPBU ini dimulai dari saat produk tersebut disuplai dari kilang atau impor, saat penyimpanan, hingga sebelum disalurkan ke SPBU.

Baca Juga: Politisi Nasdem Minta Pertamina Tingkatkan Pengawasan BBM Bersubsidi

Menurutnya, dalam tiap-tiap proses, produk BBM tersebut harus dinyatakan layak, memenuhi syarat atau standar spesifikasi yang ditentukan Dirjen Migas.

"Jika uji sample tidak layak, tidak akan bisa keluar dari Terminal BBM,” jelas Irto.

Sebelum produk BBM bisa masuk tanki timbun di Fuel Terminal, Pertamina terlebih dahulu memastikan produk BBM yang disuplai dari kilang ataupun impor memiliki certificate of quality.

Baca Juga: HKP Dan Bulan Gemar Membaca Paling Semarak, Kepala Perpusnas Apresiasi Sulteng

Setelah dipastikan certificate of quality-nya, produk BBM yang disuplai lewat pipa akan diuji speknya selama pemompaan ke tanki timbun.

Halaman:

Editor: Setiawan Adiwijaya

Sumber: Pertamina.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BI Miliki 3 Kunci Hadapi Ketidakpastian Global

Minggu, 4 Desember 2022 | 14:04 WIB

BPS Raih SDGs Action Award 2022

Sabtu, 3 Desember 2022 | 17:27 WIB
X