Piano CASIO Usung Sejumlah Teknologi Digital, Apa Istimewanya? Yuk Simak!

- Rabu, 23 November 2022 | 23:10 WIB
peluncuran CASIO piano (wanto)
peluncuran CASIO piano (wanto)

HALLO.ID - Produsen alat musik piano, CASIO EMI telah melakukan berbagai inovasi dan evolusi lima tahun belakangan untuk meningkatkan kualitas maupun variasi produk. Terbaru, CASIO merilis sejumlah model keyboard dan piano digital yang tersedia untuk pemain pemula hingga para profesional.

Director of Sales PT. Kairos Multi Jaya selaku distributor resmi CASIO EMI di Indonesia, Athanasius Cahyo Budiono, menilai berbagai inovasi tersebut tentunya untuk memenuhi tuntutan kebutuhan akan instrumen yang berkualitas tinggi.

“Teknologi AiX Sound Source yang diterapkan pada keyboard CT-X dan Casiotone telah menjadi game-changer dan telah berhasil mengubah cara pandang pasar terhadap CASIO dari produk instrumen “underdog” menjadi produk yang diperhitungkan oleh pengguna profesional,” katanya melalui keterangan tertulis, Rabu, 23 November 2022.

Baca juga: Ngamen Hingga Kanada, Rio Silaen-Nowela Idol Berhasil Kumpulkan Rp220 Juta

Di kelas piano digital hal tersebut mulai terlihat di seri Privia dan Celviano. Puncaknya CASIO EMI merilis PX-S Series yang mengusung konsep Slim. Stylish. Smart. pada 2017 lalu. Selama 42 tahun perjalanan CASIO, Cahyo menilai pada 42 tahun perjalanannya, CASIO akhirnya bisa merajai pangsa pasar piano digital.

"Tahun 2002 market share Casio 14,3%. Tahun 2022 Casio berhasil jadi market leader 36,8%," tambahnya.

Menurutnya, kebutuhan piano digital saat ini sangat tinggi di pasar dibandingkan tahun 2002 silam. CASIO sendiri telah meluncurkan Privia PX100 pada 2003 silam. Sejak diluncurkan, Privia memiliki keunggulan berat yang ringan, bentuk ramping, dan harga lebih terjangkau.

Lebih lanjut, CASIO kini kembali menghadirkan konsep piano digital terbaru yang inovatif; Privia Upper Grade (PUG) yang terdiri dari PX-S7000, PX-S 6000 dan PX-S5000. Dengan mengusung slogan "In Harmony with Life" dan berbagai fitur yang lebih canggih dalam desain 360°, Privia Upper Grade menegaskan sebagai piano digital berkualitas tinggi dalam hal kualitas suara, bahkan desain fisikpun mendapat perhatian khusus agar selaras dengan desain interior rumah modern baik secara visual maupun fungsional. Sederhananya, PX-S7000 adalah piano digital Privia dengan suara terbaik, finishing dan tampilan terbaik yang pernah dibuat oleh CASIO EMI.

“Dengan segala kualitas yang dimiliki Privia Upper Grade, seri ini diproyeksikan sebagai penantang serius di kategori hi-end digital piano”, jelas Cahyo.

Secara teknologi dan kualitas, PXS7000 mewarisi kemampuan sonik dari Celviano Grand Hybrid dengan menghadirkan pengalaman dan feel tiga piano terbaik di dunia yaitu Berlin, Hamburg dan New York. Dilengkapi dengan 400 tone berkualitas tinggi serta berbagai suara piano - mulai grand piano, classic piano dan berbagai pilihan e-piano – menjadikan PX-S7000 sebagai instrumen yang dapat digunakan di manapun, baik di rumah, studio maupun panggung.

Plus fitur khusus "Best-Hit & Famous Tones" yang diemulasikan dari suara khas piano pada lagu-lagu hits Pop & Rock sepanjang masa yang dikenal di seluruh dunia dari dekade dan genre berbeda.

Peningkatan signifikan yang dilakukan oleh CASIO pada piano seri Privia Upper Grade ini bertujuan untuk melebarkan cakupan segmen pasar yang lebih luas. Mulai dari pengguna yang hanya mengiringi atau menyanyikan musik favorit mereka, penyuka piano digital dengan built up stand & pedal, penyuka hal-hal yang unik dan elegan untuk keindahan interior rumah hingga pengguna dari kalangan professional untuk kebutuhan rekaman maupun tampil diatas panggung.

Khusus untuk PX-S6000, tipe piano digital ini memiliki fitur yang tidak dimiliki oleh tipe lainnya, yaitu DSP Effects yang powerful, mudah diatur dan dilekatkan langsung pada unit piano tanpa memerlukan interface atau perangkat pintar lainnya. CASIO Privia Upper Grade tersedia dalam berbagai warna. Khusus seri flagship PX-S7000 tersedia 3 pilihan warna ; hitam dan putih klasik, serta warna spesial "Harmonious Mustard" (kuning keemasan) yang mewah seharga Rp36.890.000.

Di kategori menengah, PX-S6000 (dengan unit stand dan pedal yang dijual terpisah) tersedia dalam 2 warna yaitu hitam mengkilap dan hitam ber-aksen serat kayu seharga Rp24.800.000. Sedangkan PX-S5000 hadir dengan paduan warna hitam dan aksen gold yang menampilkan desain piano digital inovatif dan ekspresif dalam dimensi bodi ramping yang terinspirasi dari model Privia PX-S1100 seharga Rp16.450.000.

Desain permukaan touch panel yang mengkilap dengan tombol fungsi touchscreen sangat identik dengan layar perangkat pintar (smartphone, tablet). Gaya kontemporer sangat jelas terlihat pada perpaduan bodi piano yang elegan dengan aksen elemen tekstil – gaya khas interior berkelas, lengkap dengan stand musik akrilik transparan yang cantik.

Hal ini mendobrak kebiasaan lama dalam penempatan sebuah piano digital biasa dengan dudukan dan pedal built-in di dekat atau menempel pada dinding, yang membatasi sebuah piano dapat dinikmati dari segi visual.

“Bukan hanya suara, desain dan kecantikan dari piano digital Privia Upper Grade ini mampu meningkatkan nilai estetika ruangan”, pungkas Pak Cahyo.

Musisi jazz Sri Hanuraga memberikan testimoninya pada produk piano digital terbaru ini.

"Saya terkagum, PX 7000 ini saya rasa improvement untuk main pelan, kontrol dinamikanya, sound juga saya suka, saya biasanya ada problem kalau nada tinggi atau rendah tapi ini enak banget," ujarnya.

Editor: Wanto

Artikel Terkait

Terkini

X