Artis Melanie Subono Soroti Pengesahan RKUHP Menjadi UU Hukum Pidana

- Selasa, 6 Desember 2022 | 18:27 WIB
Melanie Subono saat bernyanyi mengenakan jaket jeans bertemakan Marsinah.
Melanie Subono saat bernyanyi mengenakan jaket jeans bertemakan Marsinah.

HALLO.ID - Keputusan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) yang mengesahkan Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) menjadi Undang-undang (UU) mendapat reaksi dari baniak pegiat media sosial.

Salah satunya adalah artis Melanie Subono melalui akun instagram praibadinya.

Keputusan tersebut menurutnya telah menyadarkan dirinya mengenai siaran televisi yang mendadak mati hari Ini.

“Kayak mulai kadar gw kenapa TV tuh mendadak mați, siaran TV nganu harusmati sekarang,rakyat bergerak Tak Bisa dikalahkan,” demikian bunyi caption dalam akun instragram Melanie Subono seperti dikutip HALLO.ID Selasa, (6/12/2022).

Pada slide berikutnya pelantun lagu ‘Lagi Gampang’ juga memuat foto aksi unjuk rasa yang menolak pengesahan RKUHP.

Kemudian pada unggahan berikutnya Melani Subono juga mengunggah 10 foto berisikan beberapa kontroversi pasal dalam RKUHP yang bisa menjerat warga kedalam penjara.

Diantaranya adalah konvoi supporter bisa dipenjara sesuai pasal 256 tentang pawai dan unjuk rasa, bikin lirik kritik pemerintah bisa dipenjara pada pasal 240 mengenai penghinaan lembaga negara, pacaran bisa dipenjara pasal 408 tentang kesusilaan.

Bikin meme kritik Presiden bisa dipenjara pasal 218 tentang penghinaan Presiden, Living Law pasal 2 pulang malam bisa dipenjara dan kekhawatiran tentang sex education yang berpotensi pidana seperti pasal 408 RKUHP yang menyebutkan bahwasanya setiap orang bisa dipidanakan jika terang-terangan mempertunjukan, menawarkan, menyiarkan tulisan atau menunjukan untuk dapat memperoleh alat pencegah kehamilan kepada anak.

“Mau tulis semua tapi slidenya udah ga muat, jadi mau apa dong,” sambung Melanie.

Selain itu Melanie juga mengunggah foto dengan menampilkan sosok Marsinah yang terpampang dalam jaket jeans yang dikenakan olehnya saat bernyanyi diatas panggung.

Halaman:

Editor: Kemal Maulana

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X