Prabowo: Inovasi Dosen dan Mahasiswa Departemen Teknik Mesin UGM Patut Dibanggakan.

5 Februari 2022
HALLO INDONESIA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto berjanji untuk memesan sejumlah inovasi teknologi di bidang pertahanan karya para peneliti Universitas Gadjah Mada (UGM). Tentunya, itu jika purwarupanya telah teruji.

"Pasti (pesan), pasti kalau memang sudah (diuji). Saya sudah janji kalau uji coba prototipe-prototipe berhasil, itu kami akan pesan," kata Prabowo.

Prabowo sampaikan hal itu seusai mengamati sejumlah inovasi teknologi pesawat tanpa awak atau Unmanned Aerial Vehicle (UAV) karya peneliti Fakultas Teknik UGM yang dipamerkan di Balairung UGM, Yogyakarta, Jumat (4/2/2022).

Sejumlah UAV besutan UGM yang dipamerkan, antara lain Peluru Kendali (Rudal) Pasopati yang telah diuji terbang pertama pada 2017.

Juga UAV Amphibi Gama V2 yang mampu melakukan monitoring serta memetakan kondisi gunung berapi aktif, serta Palapa S-1 yang merupakan drone pemantau spesialis di medan sulit.

Menurut Menhan, sejumlah inovasi besutan dosen serta mahasiswa Departemen Teknik Mesin UGM itu merupakan karya anak bangsa yang patut dibanggakan.

Ia berharap kelak banyak inovasi lain yang muncul dari kampus-kampus di Tanah Air.*

Images Lainnya

X