Kepulauan Tonga di Samudra Pasifik Dilanda Tsunami, Australia dan Selandia Baru Siap Siaga

- Sabtu, 15 Januari 2022 | 21:50 WIB
 Kepulauan Tonga yang berada di Samudra Pasifik dilanda tsunami setelah gunung api di bawah laut, Hunga Tonga Hunga Ha'apai, meletus yang mengakibatkan terjadinya gelombang tinggi. (Instagram.com/@ndorobei.official)
Kepulauan Tonga yang berada di Samudra Pasifik dilanda tsunami setelah gunung api di bawah laut, Hunga Tonga Hunga Ha'apai, meletus yang mengakibatkan terjadinya gelombang tinggi. (Instagram.com/@ndorobei.official)

HALLO INDONESIA - Kepulauan Tonga yang berada di Samudra Pasifik dilanda tsunami setelah gunung api di bawah laut, Hunga Tonga Hunga Ha'apai, meletus yang mengakibatkan
terjadinya gelombang tinggi.

Sebuah video yang diposting ke media sosial menunjukkan ombak menyapu pantai di Kepualan Tonga, berputar-putar di sekitar rumah dan bangunan. Sejauh ini belum
ada laporan mengenai korban jiwa dan tingkat kerusakan.

Badan Meteorologi Tonga mengatakan peringatan tsunami telah diberlakukan dan data dari Pusat Peringatan Tsunami Pasifik menunjukkan gelombang setinggi 80 sentimeter
(2,6 kaki) telah terdeteksi.

Baca Juga: Hari ini 17 Tahun yang Lalu, Tepatnya 26 Desember 2004 Terjadi Tsunami Aceh

Letusan Hunga Tonga Hunga Ha'apai, yang terletak sekitar 65 kilometer sebelah utara Nuku'alofa menyebabkan tsunami, kata Biro Meteorologi Australia.

Badan manajemen darurat Selandia Baru mengeluarkan peringatan dini tentang kemungkinan terjadi tsunami setelah letusan besar gunung api bawah laut di Kepulauan Tonga.

Tonga adalah negara kepulauan yang terletak di perbatasan Lempeng Teknonik - Selandia Baru dan Australia.

Baca Juga: Kode Redeem FF 16 Januari 2022 Terbaru dan Masih Aktif, Dapatkan Klaim Titian Scar Gun Skins

Seperti dikutip Hallo.id dari laman Independent, militer Selandia Baru terus memantau situasi dan tetap siaga, siap membantu jika diminta oleh pemerintahan Tonga.

Halaman:

Editor: Setiawan Adiwijaya

Sumber: Independent.co.uk

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tornado Terjang Amerika Serikat, Kentucky Luluh Lantak

Minggu, 12 Desember 2021 | 19:13 WIB

China Sita Bandara Uganda Karena Tak Bisa Bayar Utang?

Senin, 29 November 2021 | 15:03 WIB
X