Gempa Bumi Dahsyat 6,1 Magnitudo Guncang Afghanistan, 280 Orang Tewas

- Rabu, 22 Juni 2022 | 14:47 WIB
Kondisi bangunan yang rusak pasca gempa bumi berkekuatan 6,1 magnitudo mengguncang Afghanistan timur. (Twitter.com @pajhwok)
Kondisi bangunan yang rusak pasca gempa bumi berkekuatan 6,1 magnitudo mengguncang Afghanistan timur. (Twitter.com @pajhwok)

HALLO INDONESIA - Sebuah gempa bumi dengan kekuatan 6,1 magnitudo mengguncang Afghanistan timur Rabu pagi, 22 Juni 2022, menewaskan sedikitnya 280 orang, kata
pihak berwenang.

Pusat Seismologi Mediterania Eropa (EMSC) menempatkan besarnya kekuatan gempa di angka  6,1 magnitudo, meskipun Survei Geologi AS (USGS) mengatakan itu 5,9.

"Sebagian besar korban akibat gempa yang terkonfirmasi dikonfirmasi berada di Provinsi Paktika, Afghanistan timur, di mana 255 orang tewas dan lebih dari 200 terluka," kata pejabat kementerian dalam negeri Salahuddin Ayubi.

Baca Juga: Alami Pelecehan Seksual di Dalam Kereta Api? Begini Langkahnya untuk Lapor ke Pihak KAI

Di Provinsi Khost, jumlah korban tewas sebanyak 25 orang dan 90 dibawa ke rumah sakit.

"Jumlah korban tewas kemungkinan akan meningkat karena beberapa desa berada di daerah terpencil di pegunungan dan akan membutuhkan waktu untuk mengumpulkan rinciannya," katanya.

Kantor berita Bakhtar yang dikelola pemerintah mengatakan tim penyelamat tiba dengan helikopter.

Baca Juga: Serang Tempat Angkringan di Tangerang, Polisi Buru Geng Motor Pelaku Penyerangan

Direktur jenderal kantor berita, Abdul Wahid Rayan, menulis di Twitter bahwa 90 rumah telah hancur di Paktika dan puluhan orang diyakini terperangkap di bawah reruntuhan. 

Halaman:

Editor: Setiawan Adiwijaya

Sumber: South China Morning Post

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X