Presiden Erdogan Bertemu dengan Pimpinan Swedia dan Finlandia serta NATO di Madrid Spanyol

- Selasa, 28 Juni 2022 | 20:15 WIB
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. (Instagram.com.@rterdogan)
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. (Instagram.com.@rterdogan)

HALLO INDONESIA - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan akan bertemu dengan para pimpinan Swedia dan Finlandia serta Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), pada Senin 27 Juni 2022 menjelang penyelenggaraan KTT di Madrid, Spanyol yang digelar Selasa 28 Juni 2022.

Juru Presiden Turki Ibrahim Kalim mengatakan kepada lembaga penyiaran Haberturk, pertemuan Erdogan dengan Swedia, Finlandia, dan NATO besok, bukan berarti Turki mundur dari posisinya yang menentang Swedia dan Filandia bergabung ke NATO.

“Kami telah membawa negosiasi ke titik tertentu. Tidak mungkin bagi kami untuk mengambil langkah mundur di sini,” ujarnya, dikutip dari Reuters, Senin 27 Juni 2022.

Baca Juga: KTT G7 Jerman, Jokowi Bahas Situasi Ukraina dengan Presiden Macron

Baca Juga: Menhan Prabowo Terima Kunjungan Kehormatan Dubes Republik Turki Askin Asan

Bersama Wakil Menteri Luar Negeri Sedat Onal, Kalim mengatakan, pertemuan empat arah pada tingkat pemimpin Swedia dan Finlandia ini ialah atas permintaan Sekretaris Jenderal (Sekjen) NATO dengan kehadiran Presiden Turki Erdogan.

Kalin mengatakan, Turki dan negara-negara Nordik sebagian besar telah menyepakati masalah tersebut dan akan berada dalam posisi lebih baik di Madrid nanti.

Diketehaui, Posisi tersebut bisa dicapai jika mereka dapat menyetujuinya selama pembicaraan yang dijadwalkan pada hari ini.

Sebelumnya diberitakan, Finlandia dan Swedia mengajukan keanggotan NATO sebagai tanggapan atas invasi Rusia ke Ukraina.

Halaman:

Editor: Timothy Alden

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ribuan Ubur-ubur Serbu Israel, Ada Pertanda Apa Itu

Kamis, 4 Agustus 2022 | 10:23 WIB
X