Pasar Dibom Jelang Idul Kurban, Korban Jiwa 35 Orang Ada Kelompok Mengaku Bertanggung Jawab

- Selasa, 20 Juli 2021 | 12:17 WIB
Orang-orang mengambil puing-puing di lokasi ledakan di distrik Sadr City di Baghdad, Irak, 19 Juli 2021. Foto: Reuters / Wissam Al-Okaili (priyo suwarno)
Orang-orang mengambil puing-puing di lokasi ledakan di distrik Sadr City di Baghdad, Irak, 19 Juli 2021. Foto: Reuters / Wissam Al-Okaili (priyo suwarno)

HALLOO.ID-- Terjadi lagi. Sebuah ledakan bom pinggir jalan telah menghancurkan sebuah pasar di lingkungan kota Sadr di Baghdad, Irak, pada hari Senin 19 Juli 2021, sehari sebelun perayaan Idul Kurban.

Dilaporkan menewaskan lebih dari 35 orang. Pemboman ini yang ketiga kalinya terjadi di kota yang mayoritas penduduknya pemeluk Syiah, dalam beberapa bulan terakhir.

"Sebuah serangan teror menggunakan IED (alat peledak improvisasi) buatan lokal di Pasar Woheilat di kota Sadr, di Baghdad timur, menyebabkan beberapa korban tewas dan lainnya terluka," kata Kementerian Dalam Negeri Irak dalam sebuah pernyataan, Senin 19 Juli 2021.

Ledakan terjadi sehari sebelum hari raya Idul Adha, saat pasar sangat ramai.

Belum jelas berapa kerugian material atas ledakan itu. 

Setidaknya 35 orang tewas dan "puluhan" orang lainnya mengalami luka-luka, menurut polisi dan sumber rumah sakit Reuters.

Sementara Al Jazeera melaporkan setidaknya 25 meninggal dunia dan 35 terluka, mengutip "pejabat keamanan" yang tidak bersedia disebut jati dirinya. 

Sumber Reuters mengatakan bahwa beberapa dari yang terluka diperkirakan akan meninggal, mengingat parahnya luka-luka mereka.

Negara Islam (IS, sebelumnya ISIS) telah mengaku bertanggung jawab atas serangan itu.

Halaman:

Editor: Priyo Suwarno

Terkini

WHO Temukan Varian Baru Corona Bernama Mu di kolombia

Kamis, 2 September 2021 | 11:15 WIB
X