Kecepatan Kereta Maglev China 800 Km per Jam Menyamai Pesawat Terbang

- Rabu, 21 Juli 2021 | 13:46 WIB
default
default

HALLO INDONESIA - China berhasil mengembangkan secara mandiri sistem transportasi maglev menjadi tercepat di dunia dengan kecepatan 600 kilometer per jam diluncurkan dari jalur perakitan Selasa, 20 Juli 2021, di Qingdao, Provinsi Shandong, China Timur.

Sekaligus menandai tonggak penting lainnya dalam peningkatan pesat negara itu sebagai pemimpin global dalam teknologi dan manufaktur kereta cepat, disertai ambisi untuk mempercepat urbanisasi dan membangun kekuatan sosialis modern.

Kereta maglev China mampu mengisi kesenjangan kecepatan mgalev yang masih kisaran 350 km/jam kemudian ditingkatkan menjadi  setara dengan kecepatan pesawat udara sekitar 800 km/jam.

Teknologi ini akan mendukung jaringan transportasi komprehensif China yang direncanakan pada tahun 2035, demikian Global Times,  mewartakan, Selasa 20 Juli 2021.

Kereta maglev saat ini merupakan kendaraan darat tercepat yang tersedia. Ini adalah metode transportasi permukaan tercepat dalam jarak 1.500 kilometer, menurut sebuah laporan oleh CRRC yang dikirim ke Global Times.

Dengan kereta api berkecepatan tinggi 10 jam dari Shenzhen Cina Selatan ke Shanghai akan dipersingkat menjadi hanya 2,5 jam setelah kereta maglev dibangun.

Kereta maglev baru menampilkan sejumlah terobosan dan kemajuan teknologi, termasuk sistem rem yang dikembangkan sendiri dengan 30 persen lebih efisien daripada kereta maglev Shanghai.

Berarti jarak pengereman berkurang dari sekitar 16 kilometer menjadi 10 kilometer, CRRC Qingdao Sifang Rolling Stock Research Institute (CRRC SRI) mengatakan kepada Global Times pada hari Selasa.

CRRC SRI menyediakan sistem pengereman, coupler, sistem anti-getaran, sistem kelistrikan, sistem informasi penumpang (PIS) dan komponen inti lainnya dari kereta maglev 600 km/jam.

Halaman:

Editor: Priyo Suwarno

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X