Pengertian, Jenis, Macam-Macam Majas dan Contohnya

- Jumat, 20 Mei 2022 | 08:00 WIB
Majas adalah bentuk gaya bahasa yang digunakan dalam sebuah kalimat sehingga bisa membangun suasana kalimat menjadi lebih hidup. (Pexels/Pixabay)
Majas adalah bentuk gaya bahasa yang digunakan dalam sebuah kalimat sehingga bisa membangun suasana kalimat menjadi lebih hidup. (Pexels/Pixabay)

HALLO INDONESIA - Materi tentang majas sudah kita dapatkan sejak duduk di bangku SD. Bahkan materi majas selalu ada hingga sekolah di SMA dan perguruan tinggi. Meskipun begitu, ternyata banyak yang belum terlalu memahami majas, macam-macam majas dan contohnya.

Pada artikel kali ini akan membahas sekilas tentang majas yang dikutip dari Omtelolet. Mulai dari pengertiannya, macam-macam majas, serta contohnya.

Pengertian Majas

Majas adalah bentuk gaya bahasa yang digunakan dalam sebuah kalimat sehingga bisa membangun suasana kalimat menjadi lebih hidup. Sederhananya, majas dijadikan sebagai ungkapan untuk menghidupkan kalimat. Majas juga melakukan penyimpangan makna dari kata yang umumnya digunakan.

Baca Juga: Jafra Cosmetics Luncurkan Rangkaian Produk Sunscren Ramah Terumbu Karang

Misalnya dalam majas ada ungkapan atau istilah "tangan kanan". Maksud dari ungkapan tersebut bukanlah makna yang sebenarnya sebagai anggota tubuh.

Apakah kamu masih ingat apa arti dari ungkapan tersebut? Pada kalimat, "Dia adalah tangan kanan Bu Ani," di mana makna tangan kanan dalam hal kalimat adalah orang kepercayaan. Hal ini termasuk salah satu contoh dalam majas tertentu.

Jenis-Jenis Majas

Ada banyak sekali jenis majas dalam bahasa Indonesia. Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai beberapa jenis majas saja yang sering dipelajari dalam bahasa Indonesia.

Baca Juga: Tak Hanya Indonesia, Elon Musk Cicipi Kopiko Juga Bikin Geger Dunia!

1. Majas Perbandingan

- Alegori

- Metafora

Halaman:

Editor: Banny Rachman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X