Menteri Bintang Dukung Pelestarian Kebaya Nusantara untuk Tingkatkan Jati Diri Budaya Bangsa

- Senin, 4 Juli 2022 | 11:52 WIB
 Menteri PPPA Dukung Pelestarian Kebaya. (Instagram.com/@bintang.puspayoga)
Menteri PPPA Dukung Pelestarian Kebaya. (Instagram.com/@bintang.puspayoga)

HALLO INDONESIA - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga, menilai bahwa Kebaya menjadi salah satu kekuatan perempuan untuk membangun kebudayaan dan meningkatkan jati diri bangsa Indonesia.

"Perempuan Indonesia menggunakan kebaya hampir di semua kesempatan, baik acara resmi, acara adat dan budaya maupun kegiatan sosial sehari-hari."

"Kebaya adalah pakaian yang pantas dipakai untuk segala kesempatan, maka saya melihat bahwa sesungguhnya busana nasional Kebaya adalah kekuatan kita, kaum perempuan Indonesia, untuk mempertinggi perannya dalam membangun kebudayaan bangsa dan memuliakan jati diri bangsa," ujar Menteri PPPA dalam keterangan yang diperoleh pada Minggu 3 Juli 2022 .

Baca Juga: Tidak Lolos Proses Imigrasi, Sebanyak 46 WNI Tertahan di Imigrasi Saudi di Jeddah

Oleh karena itu, ia mengajak perempuan Indonesia untuk dapat saling bahu membahu, bergotong royong, dan bersolidaritas untuk mendukung dan melestarikan Kebaya dalam rangka mendorong kemajuan kebudayaan Indonesia di kancah peradaban dunia.

Menteri PPPA juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pemerintah Kota Semarang dan Kebaya Foundation, karena dianggap telah turut mendukung, memperkuat dan ikut meyakinkan perempuan Indonesia untuk bersama-sama menumbuhkan kebanggaan pada buatan Indonesia.

"Besar harapan saya, agar seluruh perempuan dapat bersama-sama terus mempertahankan kebudayaan dan kearifan lokal, melalui serangkaian proses yang akan membawa manfaat bagi pelestarian dan pembentukan ekosistem budaya, salah satunya adalah kebaya," ujarnya.

Baca Juga: Insiden Penembakan Brutal di Mal Denmark Saat Padat Pengunjung, Tiga Tewas dan Tiga Luka Parah

Terkait hal tersebut, Walikota Semarang, Hendrar Prihadi, menyampaikan bahwa pada abad ke-18 hingga abad ke-19, kebaya telah dipakai oleh semua wanita di Indonesia."

Halaman:

Editor: Budi Purnomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X