Ratusan Warga dan Diaspora Indonesia Ikuti Parade Cantik Berkebaya di Washington DC

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 23:10 WIB
Para diaspora di Washington DC Amerika Serikat yang gerakkan parade Cantik Berkebaya. (ist.)
Para diaspora di Washington DC Amerika Serikat yang gerakkan parade Cantik Berkebaya. (ist.)

HALLO INDONESIA - Sekitar 200 perempuan di wilayah Washington DC dan sekitarnya ikut meramaikan parade “Cantik Berkebaya” di kawasan National Mall, pusat kota Washington DC pada Minggu, 7 Agustus 2022.

"Cantik Berkebaya" merupakan bentuk dukungan KBRI Washington DC bersama masyarakat dan diaspora Indonesia terhadap upaya pendaftaran kebaya sebagai Warisan Tak Benda (Intangible Heritage) UNESCO.

Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) KBRI Washington, D.C., Ayu Heni Rosan menyampaikan tujuan dari "Batik Berkebaya.

Baca Juga: Masih di Bawah Umur, Kuasa Hukum Dampingi Terduga Pelaku Pencabulan Santriwati di Depok

"Kebaya adalah warisan budaya dari leluhur kita yang wajib dilestarikan. Melalui kegiatan ini, para perempuan dan diaspora Indonesia yang tinggal di Amerika Serikat telah menunjukkan peran dan kontribusinya secara nyata terhadap gerakan Kebaya Goes to UNESCO," jelas Ayu Heni Rosan, yang merupakan istri Duta Besar RI untuk Amerika Serikat, Rosan Roeslani dalam keterangan presnya.

Tak hanya itu, sebagai warga negara Indonesia yang tinggal di Negara Paman Sam, mereka akan terus memperkenalkan kebaya kepada publik disana.

Jalanan di Washington DC Amerika Serikat dihebohkan seratusan wanita berkebaya. (ist.)

"Kami juga akan terus menggiatkan upaya promosi kebaya sebagai busana khas Indonesia agar lebih dikenal oleh publik AS,“ imbuh Ayu.

Peserta dengan antusias berjalan dari depan Smithsonian Castle menuju salah satu lokasi yang merupakan ikon dari ibu kota AS yaitu Reflection Pool Gedung Capitol sambil menyanyikan lagu-lagu Indonesia. Peserta dengan antusias memamerkan warna-warni kebaya baik yang dikenakan secara pakem klasik maupun modern.

Baca Juga: Termasuk Ferdy Sambo, Timsus Bentukan Kapolri Fokus Rampungkan Pemberkasan Tersangka

Halaman:

Editor: Jan Arie

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X