Panik Hadapi COVID-19, Masyarakat Borong Susu Madu dan Degan Hijau, Begini Respon Ahli Kesehatan

- Selasa, 20 Juli 2021 | 14:16 WIB
Susu, madu dan degan dianggap minuman dan makanan yang bisa membuah tubuh kuat untuk menahan serangan COVID-19, sehingga warga Indonesia berbondong-bondong memborong jenis makanan itu.
Susu, madu dan degan dianggap minuman dan makanan yang bisa membuah tubuh kuat untuk menahan serangan COVID-19, sehingga warga Indonesia berbondong-bondong memborong jenis makanan itu.

HALLO.ID-- Sebagian warga masyarakat di Indonesia banyak memborong susu steril hingga kelapa hijau. Mereka  menimbun minuman sehat, makanan, dan rempah-rempah  pada saat pandemi COVID-19 meningkat tajam.

Mereka termakan oleh iklan dan advertensi yang mengklaim bahwa dengan mengonsumsi itu efektif dalam mencegah dan mengobati COVID-19. Pesan semacam itu menjamur di platform pesan teks dan media sosial, sehingga permintaan tinggi dan harga melonjak tinggi.

Namun, para ahli yang diwawancarai oleh CNA  menyatakan keprihatinan atas potensi efek samping dari konsumsi berlebihan makanan dan minuman ini, serta orang-orang yang mungkin menjadi puas diri dalam mematuhi protokol kesehatan karena mereka percaya bahwa mereka dilindungi.

“Masyarakat telah mendapatkan informasi salah tentang barang-barang ini dengan beberapa mengklaim bahwa mereka dapat menyembuhkan COVID-19 atau setidaknya mencegah orang terinfeksi atau menyembuhkan beberapa gejala,” demikian kata Dr Siti Nadia Tarmizi, Direktur Pencegahan dan Pencegahan Penyakit Menular Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, mengatakan kepada CNA.

“Belum ada uji klinis yang menunjukkan bahwa mereka efektif dalam mencegah, apalagi menyembuhkan, COVID-19.”

Ibu Tarmizi mengatakan Kementerian Kesehatan telah berulang kali memperingatkan masyarakat agar tidak menimbun barang-barang ini, tetapi tampaknya pesan itu tidak didengar oleh sebagian orang.

Permintaan Melonjak 

Selama beberapa minggu terakhir, beberapa video yang menunjukkan orang Indonesia saling berdesak-desakan untuk membeli susu sapi merek tertentu menjadi viral.

Fenomena tersebut tampaknya disebabkan oleh informasi yang tidak terverifikasi bahwa merek susu steril tertentu dapat meningkatkan antibodi, yang pada gilirannya akan mencegah infeksi COVID-19.

Halaman:

Editor: Priyo Suwarno

Terkini

X