Hasil Penelitian di Inggris: Obat Kolesterol Bisa Kurangi Infeksi Virus Corona

- Minggu, 8 Agustus 2021 | 06:50 WIB
Obat kolesterol Fenofibrate./Dok.Tokopedia (Dok.Tokopedia)
Obat kolesterol Fenofibrate./Dok.Tokopedia (Dok.Tokopedia)

HALLO INDONESIA - Kabar gembira, berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Universitas Birmingah dan Univeristas Keele serta Institut San Raffaele, terungkap obat kolesterol bisa mengurangi infeksi virus corona.

Penelitian yang dilakukan di Inggris menyebutkan obat kolesterol bernama Fenofibrate tersebut bisa mengurangi infeksi virus corona pada sel tubuh manusia hingga 70 persen.

Berdasarkan penelitian tadi, bahan aktif yang terdapat dalam Fenofibrate dilaporkan bisa mengurangi infeksi virus corona pada sel tubuh secara signifikan.

Meski begitu, studi ini masih dalam tahap awal dan kemanjuran Fenofibrate sebagai obat Covid-19 belum teruji secara klinis.

Baca juga: Pihak Moderna Menyatakan Vaksinnya 93% Efektif Enam Bulan Setelah Dosis Kedua

Dikutip Hallo.id dari dari Mirror pada 6 Agustus 2021, saat ini, para peneliti sedang melakukan upaya uji klinis dengan menguji coba obat itu pada sejumlah pasien Covid-19 di Inggris.

Tes yang sama juga dilakukan di Philadelpia, Amerika Serikat, serta Yerusalem.

Penelitian awalnya dilakukan dengan melihat reaksi sejumlah obat saat mendisrupsi proses infeksi virus corona.

Setelah Fenofibrate tampak menampakkan hasil, para peneliti kemudian menguji coba obat itu dengan strains virus corona. Hasilnya, Fenofibrate bisa mengurangi infeksi hingga 70 persen.

Baca juga: Edukasi Kesehatan Lewat Medsos, Dokter Lala Raih Penghargaan Rekor MURI

Sebelumnya, beberapa obat telah lebih dahulu disebut-sebut efektif sebagai obat terapi Covid-19. Salah satunya adalah Ivermectin.

Di Indonesia, Ivermectin sempat heboh dianggap bisa menyembuhkan Covid-19 meski belum teruji secara klinis.

Saat ini, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) masih menunggu hasil uji klinis keampuhan Ivermectin sebagai obat Covid-19.

Izin edar BPOM untuk Ivermectin sampai sekarang masih sebatas penggunaannya untuk obat cacing.*** (Pikiran.rakyat.com/Tri Nawirun)

Editor: Tri Nawirun

Sumber: PikiranRakyat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X