Jadi Duta Baca Indonesia, Perpusnas Harap Gol A Gong Dobrak Pola Pikir Masyarakat Lewat Bahan Bacaan

- Rabu, 25 Januari 2023 | 16:31 WIB
Penandatanganan kontrak kerja antara DBI Gol A Gong dengan Perpusnas (dok. Perpusnas)
Penandatanganan kontrak kerja antara DBI Gol A Gong dengan Perpusnas (dok. Perpusnas)

HALLO.ID - Penulis Gol A Gong didaulat menjadi Duta Baca Indonesia (DBI) sejak 2021. Berdasarkan catatan, pada 2022, pria dengan nama lengkap Heri Hendryana Harris ini melakukan Gerakan Safari Literasi di 436 titik di seluruh Indonesia, yang mana 12 titik bersentuhan langsung dengan Perpusnas.

Gol A Gong melakukan sinergi dan kolaborasi dengan Perpusnas, pemerintah daerah, pegiat literasi, forum komunitas, dan seluruh masyarakat. Selama setahun, melalui aktivitasnya, Gol A Gong menghasilkan 54 buku antologi cerpen.

Selama tiga bulan, Gol A Gong berkeliling ke 40 kota menggunakan mobil menuju daerah timur Indonesia. Selama perjalanan, ia menemukan tiga masalah utama terkait literasi di Indonesia. Pertama, peran kepala dinas perpustakaan kurang maksimal dalam memotivasi kinerja para pustakawan.

Baca Juga: 1179 Peserta Rekrutmen Petugas Haji se Jawa Timur Ikuti CAT yang Digelar Serentak Seluruh Indonesia

“Rata-rata kepala dinas perpustakaan merasa dibuang sehingga tidak memotivasi para pustakawan untuk melakukan kegiatan kreatif, inovatif, dan tentu out of the box. Sehingga pustakawan-pustakawannya tidak kreatif, tidak mampu mengeksplorasi gagasan-gagasannya karena pimpinannya selalu mengatakan saya dibuang,” ungkap Gol A Gong.

Kedua, akses ke perpustakaan atau toko buku masih sulit, terutama di daerah timur Indonesia. Ketiga, distribusi yang tidak merata karena ekosistem perbukuan belum terbangun dengan sehat.

Penulis Gol A Gong. (dok. Perpusnas)

“Dan saya melihat Perpustakaan Nasional melakukan penetrasi dengan pojok baca digital dan transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial (TPBIS), jadi saya sebagai Duta Baca merasa mendapatkan mitra yang kompeten. Saya senang sekali ketika Perpustakaan Nasional ada di mana-mana,” ungkapnya.

Baca Juga: Polisi Beberkan Pemicu Pemuda Sidoarjo Dikeroyok Warga Asal Jombang Bersama Teman-temannya Hingga Meninggal

Halaman:

Editor: Jan Arie

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menelisik Weton Minggu Pahing

Minggu, 5 Februari 2023 | 09:12 WIB
X