Benarkah, di Kebon Raya Bogor Ada Makam Istri Prabu Siliwangi?

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 18:30 WIB
Komplek Makam keramat kebun raya bogor. (Instagram.com/@kabut.dimensi)
Komplek Makam keramat kebun raya bogor. (Instagram.com/@kabut.dimensi)

HALLO INDONESIA - Setiap orang pasti pernah dengar atau mungkin pernah berkunjung ke Kebun Raya Bogor (KRB), yang merupakan salah satu tempat pariwisata kebanggaan orang Bogor.

Tetapi, mungkin hanya sebagian orang saja yang tahu bawa di dalam area Kebun Raya Bogor, tepatnya di seberang jembatan gantung yang menjadi salah satu icon Kebun Raya, terdapat empat makam yang dikeramatkan.

Berada di dalam kompleks pemakaman kecil seluas sekitar 200 meter persegi yang dilindungi pagar besi tak jauh dari Jembatan Merah Gantung di KRB.

Baca Juga: Mencium Gelagat Adanya Rekayasa Jahat untuk Pemilihan Presiden 2021, Semoga Salah

Makam-makam itu diyakini sebagai makam Ratu Galuh Mangku Alam (istri Prabu Siliwangi, Raja Pajajaran), makam Mbah Baul (Patih Kerajaan Pajajaran), makam Mbah Jepra (Panglima Perang Pajajaran, serta Solendang Galuh Pakuan.

Petunjuk pun nampak terlihat jelas, terpangpang di plang yang ada di area komplek makam, bahwa situs makam kramat ini adalah termasuk cagar budaya yang di lindungi oleh Undang-undang.

Juru kunci makam keramat ini adalah Abdurrahman yang merupakan keturunan kedua dari juru kunci makam keramat di kawasan ini.

Baca Juga: Data World Bank: Indonesia Masuk 10 Besar Negara dengan Utang Terbanyak

Sebelumnya yang menjadi juru kunci makam adalah H Rahmat, ayah dari Abdurrahman. Sedangkan yang menjadi perawat makam keramat saat ini dipegang oleh Atmawijaya dan Ugan, yang masih ada hubungan saudara dengan sang juru kunci.

Halaman:

Editor: Budi Purnomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X