Kisah Kerajaan Pajajaran dan Sejarah Kejayaan, serta Keruntuhannya

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 15:10 WIB
Sejarah Keraton yang ada di Kota Cirebon yang merupakan sisa-sisa kerajaan Pajajaran (Sunda). (Dok. Disparbud.jabarprov.go.id)
Sejarah Keraton yang ada di Kota Cirebon yang merupakan sisa-sisa kerajaan Pajajaran (Sunda). (Dok. Disparbud.jabarprov.go.id)

HALLO INDONESIA - Tahukah Anda tentang Kerajaan Pajajaran? Kerajaan Pajajaran atau Kerajaan Sunda adalah kerajaan Hindu yang berlokasi di sebelah barat Pulau Jawa (Sunda).

 

Beribukota di Pajajaran (sekarang adalah Bogor), kerajaan ini lebih dikenal dengan nama Pakuan Pajajaran (pakuan atau pakuwuan berarti kota).

Sebagaimana adat kebiasaan di Asia Tenggara pada masa itu yang menyebut kerajaan dengan nama ibukotanya. Beberapa catatan sejarah menyebutkan kerajaan ini didirikan oleh Sri Jayabhupati pada tahun 923

Baca Juga: Kapolda Sulsel Merdisyam Ungkap 5 Hal terkait Kasus Dugaan Ayah Perkosa 3 Anak di Luwu Timur.

Sementara Pakuan Pajajaran secara ‘resmi’ dinyatakan berdiri saat Jayadewata naik tahta pada 1482 dan bergelar Sri Baduga Maharaja. Sejarah kerajaan banyak dikisahkan dalam berbagai kitab cerita.

Masih sering pula dituturkan dalam pantun dan kisah babad. Serta ditemukan pula catatan dari berbagai prasasti yang ditemukan dan catatan perjalanan bangsa asing di Nusantara pada masa itu. 

Kala itu, terdapat dua kerajaan di tanah Parahyangan (Sunda, sekarang Jawa Barat) yaitu Kerajaan Galuh dan Kerajaan Sunda. Kedua kerajaan ini terikat oleh tali perkawinan antara putra raja Galuh dengan putri raja Sunda.

Baca Juga: Kemenparekraf Gelar Konferensi Internasional Conference Heritage of Toba Optimalkan Potensi Destinasi

Halaman:

Editor: Budi Purnomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X