Kasus Skimming ATM di Bank Cabang Depok, WNA Latvia Ditetapkan Sebagai Tersangka

- Sabtu, 21 Mei 2022 | 14:25 WIB
Polda Metro Jaya telah menangkap warga negara Latvia terkait kasus pencurian uang nasabah bank dengan modus skimming ATM. (Dok. PMJ News/Yeni)
Polda Metro Jaya telah menangkap warga negara Latvia terkait kasus pencurian uang nasabah bank dengan modus skimming ATM. (Dok. PMJ News/Yeni)

HALLO INDONESIA - Warga negara Latvia, Roberts Markarjancs (46) ditetapkan sebagai tersangka kasus skimming ATM. Ia ditangkap di sebuah bank cabang di Beji, Depok.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan mengatakan kejahatan skimming ini dilakukan dengan cara menggunakan kartu yang tersangka dapatkan untuk digunakan dalam menampung dana nasabah.

Kartu itu digunakan dengan cara digesek melalui mesin encorder yang terhubung ke laptop dan sudah terinstall aplikasi proton.

Baca Juga: Pelaku Pembunuhan Pria Bertato yang Terbungkus Styrofoam di Cikarang Ditangkap Polisi

"Setelah mendapatkan data, informasi mengenai nasabah bank itu akan diakses menggunakan kartu binance yang akan diakses melalui kartu ATM, yang diperintahkan pimpinannya," kata Zulpan kepada wartawan, Jumat, 20 mei 2022.

Kata Zulpan, aksi skimming ini telah dilakukan selama kurang lebih dua bulan dan membuat bank mengalami kerugian hingga miliaran rupiah.

"Dari tindak pidana tersangka dari jaringan kelompok Latvia ini dia beraksi kurang lebih dua bulan."

Baca Juga: Polisi Amankan 8 Orang Remaja Terduga Pelaku Perundungan Anak di Tangerang Selatan

"Dari hasil perhitungan penydik dan hasil cek ke pihak bank yang dirugikan total kerugian semua Rp1,2 miliar," sambungnya.

Lebih lanjut, Zulpan mengatakan pihaknya masih menyelidiki lebih lanjut pihak lain yang terlibat dalam aksi tersebut.

Halaman:

Editor: Banny Rachman

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X