Kabupaten Bogor Dilanda Bencana Hidrometeorologi Bertubi-tubi, Waspada Bencana Susulan

- Jumat, 24 Juni 2022 | 10:26 WIB
Banjir Bandang dan Tanah Longsor di Desa Cibunian Kabupaten Bogor. (Dok. BNPB)
Banjir Bandang dan Tanah Longsor di Desa Cibunian Kabupaten Bogor. (Dok. BNPB)

HALLO INDONESIA - Wilayah Kabupaten Bogor dilanda bencana hidrometeorologi secara bertubi-tubi pada Rabu 23 Juni 2022.

Laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, jenis bencana hidrometeorologi mulai banjir bandang, tanah longsor dan angin puting beliung terjadi saat hujan dengan intensitas tinggi mengguyur dua wilayah kecamatan, yakni Kecamatan Pamijahan dan Kecamatan Leuwiliang.

Hasil kaji cepat tim BPBD Kabupaten Bogor di lapangan, banjir bandang dan tanah longsor yang pertama terjadi di Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan.

Baca Juga: Buku 'Prananda Prabowo, Prakarsa Edha', Diluncurkan Saat Haul Bung Karno 2022

Peristiwa itu menelan satu korban jiwa, satu lainnya masih dalam pencarian dan tiga orang mengalami luka ringan. Sementara itu 20 KK terdampak dan 52KK/175 jiwa mengungsi ke tempat kerabat.

Banjir bandang dan tanah longsor tersebut juga mengakibatkan sedikitnya 18 unit rumah rusak berat, 2 unit rumah rusak sedang dan 4 jembatan putus, sehingga tidak dapat dilalui.

Masih di wilayah Kecamatan Pamijahan, angin puting beliung dilaporkan mengamuk di Desa Gunung Picung pada Rabu 23 Juni 2022 pukul 19.00 WIB.

Baca Juga: Pasca Abrasi Pantai Minahasa Selatan, Pemerintah Setempat Siapkan Hunian Sementara

Sedikitnya ada 44 KK terdampak. Sebanyak 40 unit rumah rusak ringan, 1 unit rumah rusak berat dan 3 unit rumah rusak sedang.

Halaman:

Editor: Budi Purnomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X