Sejumlah Jalan Akan Ditutup Terkait Mulai Padatnya Massa Buruh di Kawasan Patung Kuda

- Kamis, 12 Mei 2022 | 16:46 WIB
Aksi massa di kawasan Patung Kuda. (Instagram.com/@ayahalif2636)
Aksi massa di kawasan Patung Kuda. (Instagram.com/@ayahalif2636)

HALLO INDONESIA - Polda Metro Jaya akan menutup kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat dalam rangka pengamanan aksi demonstrasi massa dari elemen buruh dan mahasiswa yang akan berlangsung di kawasan Patung Kuda, Kamis 12 Mei 2022.

Berdasarkan pantauan di lapangan, sejumlah aparat kepolisian telah berjaga.

Begitu juga dengan kawat berduri yang telah terpasang di bawah jembatan penyebrangan orang (JPO) di Jalan Medan Merdeka Barat.

Baca Juga: Korban Sempat Terseret 3 Meter, Polisi Buru Pelaku Kasus Penjabretan Siswi Sekolah

Ratusan buruh dari Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) juga terbagi di dua titik, pertama di dekat Patung Kuda Arjuna Wiwaha dan pintu masuk Monas seberang Wisma Antara.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menyatakan sampai dengan siang ini baru Jalan Medan Merdeka Barat saja yang telah ditutup sebagai lokasi unjuk rasa.

Penutupan jalan akan diperluas hingga seluruh kawasan Patung Kuda jika massa aksi unjuk rasa mencapai lebih dari 2 ribu orang.

Baca Juga: Pembunuhan Jurnalis adalah Kejahatan Keji dan Melanggar Hukum Humaniter Internasional

"Jadi hanya kami atur saja di Bundaran Patung Kuda, tapi kalau massanya cukup banyak dan menutup Bundaran Patung Kuda maka pengalihan akan kita laksanakan," ujar Sambodo kepada wartawan, Kamis 12 Mei 2022.

Pengalihan arus nantinya akan dimulai dari Kebon Sirih, Budi Kemuliaan, sampai Jalan Medan Merdeka Selatan dan Kedubes Amerika Serikat.

Begitu juga dengan arus lalu lintas dari Bundaran Patung Kuda menuju arah Harmoni dan sebaliknya akan ditutup jika massa aksi unjuk rasa terus membludak.

Baca Juga: Konsolidasi Berhasil, Menteri Erick Thohir: Keuntungan BUMN Tembus Rp90 Triliun

"Termasuk juga yang dari Gambir menuju ke arah Istana juga akan ditutup," pungkas Sambodo.***

Baca Juga: Gagal Lakukan Langkah-langkah Antisipatif Terkait Karhutla, Jabatan Bakal Dicopot

Editor: Banny Rachman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X