KAI Blacklist Pelaku Pelecehan Seksual di Kereta Menteri BUMN Minta Laporkan Polisi

- Senin, 27 Juni 2022 | 17:54 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir kunjungi Stasiun Gambir untuk meninjau langsung pelayanan KA. (Instagram.com@erickthohir)
Menteri BUMN Erick Thohir kunjungi Stasiun Gambir untuk meninjau langsung pelayanan KA. (Instagram.com@erickthohir)

HALLO INDONESIA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah melakukan blacklist (daftar hitam) terhadap penumpang yang melakukan pelecehan seksual dalam perjalanan Kereta Api (KA) beberapa waktu lalu.

Hal ini adalah langkah tegas KAI untuk mencegah terjadinya kekerasan seksual pada layanan KA.

Langkah tegas KAI tersebut mendapat dukungan penuh dari Menteri BUMN Erick Thohir. Adapun Erick Thohir berkesempatan mengunjungi Stasiun Gambir untuk meninjau langsung pelayanan pada moda transportasi KA, pada Sabtu 25 JUni 2022.

Baca Juga: Alami Pelecehan Seksual di Dalam Kereta Api? Begini Langkahnya untuk Lapor ke Pihak KAI

Selain itu, Erick Thohir juga memberikan penghargaan pada petugas Kondektur bernama Wahyu yang melindungi seorang penumpang perempuan dari tindakan pelecehan seksual.

"Saya ingin mengapresiasi bapak Kondektur yang telah bertindak menanggapi laporan korban pelecehan seksual.  Saya juga mengapresiasi tanggapan PT KAI atas kejadian tersebut,” tutur Erick saat dikonfirmasi, Minggu 26 Juni 2022.

“Pesan saya, kepada seluruh masyarakat untuk tidak ragu melaporkan dan menunjukkan bukti pada petugas kami, jika mengetahui ada indikasi pelecehan seksual," urainya melanjutkan.

Baca Juga: Kereta Api Argo Sindoro Tabrak Mobil Minibus di Pintu Perlintasan Stasiun Tambun Bekas

Erick menegaskan perlindungan terhadap hak dan martabat manusia adalah prinsip yang mesti dijalankan oleh segenap elemen di BUMN. Terlebih dalam pelayanan publik yang mesti memastikan keamanan dan kenyamanan masyarakat.

Halaman:

Editor: Timothy Alden

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X