Jalankan Reforma Agraria, Menteri ATR: Sulbar Strategis Dukung Pembangunan IKN

- Rabu, 29 Juni 2022 | 14:21 WIB
Menteri ATR Hadi Tjahyanto membuka secara  pertemuan Gugus Tugas Reforma Agraria.  (Dok.Hallo.id)
Menteri ATR Hadi Tjahyanto membuka secara pertemuan Gugus Tugas Reforma Agraria. (Dok.Hallo.id)

HALLO INDONESIA - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahyanto membuka secara resmi pertemuan Gugus Tugas Reforma Agraria

(GTRA) 2022 sekaligus meresmikan program drone pilot project di Sulawesi Barat, Rabu, 29 Juni 2022.

Melalui pertemuan tersebut, Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat, bersama seluruh gubernur se-Sulawesi dan se-Kalimantan menyatakan komitmen menegakkan reforma agraria utamanya untuk mendukung kawasan inti penyangga Ibu Kota Negara (IKN) baru Nusantara.

Baca Juga: Polisi Amankan 5 Pelaku Perundungan Remaja Perempuan di Lapangan Sempur Bogor

Menteri Hadi Tjahyanto menyebutkan dengan adanya komitmen serta dukungan seluruh gubernur se-Sulawesi dan se-Kalimanatan menjadi sangat berarti untuk kelancaran pembangunan IKN.

Pada kesempatan itu, Hadi Tjahyanto mengatakan, reforma agraria merupakan bagian dari upaya untuk melakukan penataan, pemanfaatan, serta memberikan keadilan bagi tanah masyarakat, sehingga melalui gugus tugas reforma agraria, pemerintah hadir untuk memberikam solusi terkait penyelesaian masalah tersebut.

Lebih lanjut Hadi menjelaskan, sebagai salah satu program strategis Presiden Joko Widodo agenda reforma agraria sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86 Tahun 2018 telah memberi arah yang lebih konkret tentang pelaksanaan reforma agraria, yang merupakan agenda untuk mewujudkan keadilan dalam penyelesaian ketimpangan penguasaan, pemilikan, penggunaan, dan pemanfaatan tanah.

Baca Juga: Sediakan Minyak Goreng Curah 300 Ribu Ton Setiap Bulan, Pemerintah Jaga Pasokan

"Kegiatan reforma agraria bukan semata-mata untuk legalisasi tanah masyarakat, tetapi untuk memberikan pemanfaatan untuk kemakmuran masyarakat," jelas Hadi saat memberikan sambutan di Ballroom Hotel Maleo Mamuju, Rabu (29/6/2022).

Halaman:

Editor: Akbar Nur Qadri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X