Tokoh Masyarakat Condet Sebut Perubahan Nama Jalan di Jakarta Patut Diapresiasi

- Kamis, 30 Juni 2022 | 02:09 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat memberikan penjelasan terkait nama jalan baru di DKI Jakarta (Instagram.com@aniesbaswedan)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat memberikan penjelasan terkait nama jalan baru di DKI Jakarta (Instagram.com@aniesbaswedan)

HALLO INDONESIAN - Pengabadian nama sejumlah tokoh Betawi untuk nama jalan di Jakarta patut diapreiasi, karena itu merupakan salah satu bentuk penghormatan dan penghargaan terhadap jasa dan perjuangan mereka. Hal ini diutarakan Iwan Setiawan, salah satu tokoh masyarakat Betawi asal Condet,Jakarta Timur, Rabu 29 Juni 2022.

Selain bentuk penghargaan dan penghormatan, menurut Iwan, pencantuman nama tokoh Betawi ini juga agar masyarakat, terutama generasi muda Jakarta, bisa mengetahui sejarah perjuangan serta andil tokoh-tokoh tersebut dalam membangun kota ini sesuai bidangnya masing-masing.

"Jangan sampai anak cucu kita nanti tidak tahu kalau di kampungnya dahulu ada pahlawan terkenal. Dengan ditulis sebagai nama jalan maka semua akan tahu," ucap Iwan.

Baca Juga: DKI Jakarta Abadikan Tokoh Betawi untuk Nama Ruang Publik, Termasuk HM Saleh Ishak

Baca Juga: Berpeluang Masuk Tiga Besar, Tokoh Kristen Sebut PKS Sebagai Partai Nasionalis-Pancasilais

Dia mencontohkan nama Entong Gendut yang menggantikan nama Jalan Budaya di kawasan Condet. Menurutnya, ini merupakan bentuk penghormatam sekaligus pengenalan sejarah terhadap tokoh pejuang rakyat Betawi ini.

Diketahui, Entong Gendut merupakan pendekar dan tokoh masyarakat di daerah Condet yang tegas menentang pemeritah Hindia Belanda pada 1916. Bersama sekitar 100 pengikutnya yang kebanyakan adalah petani kala itu, Entong Gendut melakukan perlawan kepada tuan tanah dan pemerintah kolonial yang bertindak sewenang-wenang dan menindas rakyat.  

"Lumrah apabila namanya diabadikan sebagai nama jalan saat ini," tuturnya.

Baca Juga: Penuh Semangat Persahabatan, Pertemuan Tokoh Politik Surya Paloh dengan Prabowo Subianto

Halaman:

Editor: Timothy Alden

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X