SIC Batch 3 Telah Memasuki Tahap Bootcamp, Peserta Mengaku Mendapat Ketrampilan Dan Pemahaman Baru Soal IoT

- Jumat, 23 September 2022 | 11:13 WIB
Para siswa SMK Al Huda, Kota Kediri Jawa Timur, peserta program Samsung Innovation Campus (SIC) Batch 3 – 2021-2022. (ist.)
Para siswa SMK Al Huda, Kota Kediri Jawa Timur, peserta program Samsung Innovation Campus (SIC) Batch 3 – 2021-2022. (ist.)

HALLO INDONESIA – Untuk meningkatkan kapasitas siswa dalam bidang pengembangan Internet of Things (IoT), Samsung menyelenggarakan Samsung Innovation Campus (SIC) Batch 3 – 2021/2022.

SIC Batch 3 2021/2022 yang memasuki stage IoT Product Development Bootcamp dirancang untuk mendorong kapasitas siswa menjadi IoT Developer yang terampil dan siap diserap oleh industri.

Dari Foundation & Hardware (IoT), Networking & Communication Basics (Raspberry Pi), hingga Software & Platform (MongoDB, PyMongo, UBIDOTS), materi yang diberikan pada para siswa SIC Batch 3 2021/2022 di tahap bootcamp.

Baca Juga: Dengan Sensor Utama 48 MP, Apple Buktikan Kualitas Jepretan iPhone 14 Pro Tak Kalah dari Fujifilm X-E4

Ardika Purna Siswa SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Malang, mewakili kelompoknya berbagi pengalamannya mengikuti bootcamp. Ardika mengatakan, materi-materi yang diajarkan di bootcamp bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dalam menggarap produk IoT.

"Melalui SIC, saya merasa keterampilan bertambah dan pengertian soal hardware engineering ternyata tidak melulu membuat produk macam handphone atau laptop. IoT yang ternyata juga penting karena banyak dibutuhkan orang untuk memecahkan masalah sehari-hari," beber Ardika.

Sementara itu, Daffa Eka Sujianto siswa dari SMK Al Huda, Kota Kediri Jawa Timur, mewakili kelompoknya mengatakan materi yang diajarkan di stage bootcamp adalah materi-materi baru. Contohnya seperti cara menjalankan sensor dengan program python, mengirim data sensor ke data IoT, cara menjadikan ide menjadi produk melalui tahap perakitan hardware dan pembuatan program.

Baca Juga: Jamin Akses Masyarakat Kurang Mampu, Pemerintah Bantu Pasang Listrik Baru ke 83.000 Rumah

“Kami senang bisa lolos sampai ke stage ini, karena kami belum pernah diajarkan materi-materi seperti itu, jadinya sangat bermanfaat,” kata Daffa.

Halaman:

Editor: Jan Arie

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X