HIPPI DKI Gelar Musda ke IX Bawa Harapan Jadikan Jakarta Pusat ekonomi Indonesia

- Rabu, 7 Desember 2022 | 15:58 WIB
Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) Provinsi DKI Jakarta menggelar Musyawarah Daerah (Musda) ke IX di Hotel Aryaduta, Jakarta, Rabu (7/12/2022).
Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) Provinsi DKI Jakarta menggelar Musyawarah Daerah (Musda) ke IX di Hotel Aryaduta, Jakarta, Rabu (7/12/2022).

HALLO.ID - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) Provinsi DKI Jakarta menggelar Musyawarah Daerah (Musda) ke IX di Hotel Aryaduta, Jakarta, Rabu (7/12/2022).

Momentum Musda HIPPI kali ini diharapkan bisa menjadikan Provinsi DKI Jakarta sebagai pusat ekonomi di Indonesia pasca Ibu Kota Negara pindah ke Kalimantan.

Ketua Umum DPD HIPPI DKI Jakarta 2016-2021 Sarman Simanjorang, mengatakan, tema tersebut memang sengaja diangkat dalam rangka menstimulasi perwujudan Kota Jakarta sebagai Kota Bisnis dan Ekonomi Nasional pasca perpindahan Ibu Kota Negara (IKN).

Menurutnya, dengan membawa semangat tersebut, pihaknya bisa turut serta dalam proses penyempurnaan undang-undang kekhususan Provinsi DKI Jakarta.

Terlebih HIPPI bisa berkontribusi untuk memberikan pokok pikiran (pokir) agar undang-undang kekhususan Jakarta itu ketika direvisi turut mencantumkan bahwasanya Jakarta adalah pusat ekonomi dan bisnis nasional.

"Itu menjadi harapan kita sebagaimana kita lihat di berbagai negara, ada pusat pemerintah bisnis dan ekonomi  seperti di Amerika Serikat pusat pemerintahannya Washington DC, tapi pusat bisnisnya di New York. Kita harapkan ibu kota NKRI adalah di IKN, tapi pusat bisnisnya di Jakarta," ujar Sarman Simanjorang saat ditemui di lokasi, Rabu (7/12/2022).

Sarman menerangkan, saat ini Jakarta telah memiliki infrastruktur yang siap karena sudah hampir 99 persen kantor korporasi besar sudah berlokasi di Jakarta, sehingga jika harus pindah berpotensi memakan biaya yang tidak sedikit.

"Jadi biarlah ibu kota tetap pindah, tapi pusat ekonomi dan bisnis tetap di Jakarta. Itu menjadi harapan kita," ungkapnya.

Dalam acara tersebut, HIPPI DKI Jakarta juga mengagendakan memilih pemimpin baru di mana saat ini terdapat nama Uchi Hardiman sebagai calon yang kemudian akan dipilih oleh Dewan Pimpinan Cabang (DPC) HIPPI DKI dari lima wilayah kota dan Kabupaten Kepulauan Seribu.

Kandidat Ketua HIPPI DKI Jakarta yang sudah mencuat diantaranya adalah Ibu Uchi Hardiman. 

Halaman:

Editor: Kemal Maulana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X