Sah secara Konstitusi, KORCI Desak KPK Pecat 56 Pegawainya Sebelum Tanggal 30 September 2001

- Sabtu, 18 September 2021 | 11:34 WIB
Koalisi Rakyat Dukung KPK (KORCI) Gelar Aksi unjuk rasa di depan Gedung Merah Putih KPK,  Jakarta Jum'at (17/09) (Yusfi)
Koalisi Rakyat Dukung KPK (KORCI) Gelar Aksi unjuk rasa di depan Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Jum'at (17/09) (Yusfi)

  

HALLO INDONESIA- Sejumlah organisasi masyarakat (Ormas) yang tergabung dalam Koalisi Rakyat Cinta Konstitusi (KorCI) menggelar aksi unjuk rasa mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk segera menghentikan 56 pegawainya yang tak lolos dalam Uji Wawasan Kebangsaan (TWK) Aksi tersebut digelar  di depan Gedung Merah Putih KPK di Jalan Kunigan Persada, Setiabudi, Jakarta Selatan,Jum'at, 17 September 2021.

Secara konstitusi, Achmad Zein Rusbal, Koordinator Koalisi Rakyat Cinta Konstitusi (KorCI) menillai bahwa pemberhentian ataupun pemecatan terhadap 56 pegawai KPK tersebut sudah sah secara konstitusi. Hal tersebut merujuk pada keputusan Mahkama Agung ( MA) dan Mahkamah Konstitusi (MA)

 "Keputusan itu sudah konstitusional, di mana komisi anti rasuah sebagai lembaga pelaksana undang-undang bekerja berlandaskan hukum" Tegas Zein.

 

Baca Juga: PGN Akan Kembangkan Proyek Regasifikasi di Kilang Pertamina RU IV Cilacap

Sebagai court of law, putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait TWK KPK menjadi suatu putusan yang menjelaskan lintasan perundang-undangan yang kuat dalam hal landasan dan kepastian hukum.

Lebih lanjut, kata dia, Sebagai lembaga peradilan tertinggi untuk melakukan Judicial Review, keputusan MK berasas Erga Omnes atau Berkekuatan Putusan Tetap yang diberlakukan kepada setiap penduduk negara, serta bersifat final.

Sementara itu, kata Zein,  jika mengacu pada putusan Mahkamah Agung (MA) Nomor 26 P/HUM/2021 terkait TWK KPK, secara substansial, desain pengalihan pegawai KPK menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) mengikuti ketentuan Undang-Undang (UU) Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN dan peraturan pelaksanaan di bawahnya.

Baca Juga: Sejarah Kota Yogyakarta yang Dibangun di Kawasan Hutan Beringin, pada Tahun 1755

Halaman:

Editor: Yusfi Wawan Sepriyadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kabarnya Diumumkan Hari Ini, Cek Hasil SKD CPNS 2021

Minggu, 17 Oktober 2021 | 17:25 WIB
X